Meningkatkan hasil belajar matematika materi jenis dan besar sudut menggunakan media jam sudut bagi siswa kelas III MI NU 16 Kaligading Boja Kendal Semester II tahun pelajaran 2015/2016

Fauziyah, Nurita Azka (2016) Meningkatkan hasil belajar matematika materi jenis dan besar sudut menggunakan media jam sudut bagi siswa kelas III MI NU 16 Kaligading Boja Kendal Semester II tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_123911357_Nurita_Azka_Fauziyah]
Preview
Text (Skripsi_123911357_Nurita_Azka_Fauziyah)
123911357.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika materi jenis dan besar sudut pada siswa kelas III MI NU 16 Kaligading. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian, guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dan tidak menggunakan media dalam menyampaikan materi. Maka dari itu perlu menggunakan media jam sudut agar kompetensi dasar yang diharapkan dapat tercapai dan hasilnya meningkat. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika materi jenis dan besar sudut bagi siswa kelas III MI NU 16 Kaligading Boja Kendal Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data penelitian ini diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan indikator keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkan keberhasilan pembelajaran matematika menggunakan media jam sudut.
Ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran tahun lalu adalah 47 %.P ada siklus I ketuntasan belajar siswa 63% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa menjadi 84%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi jenis dan besar sudut di kelas III MI NU 16 Kaligading Boja Kendal Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Hasil belajar; Pendidikan matematika; Matematika untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 29 Dec 2016 00:28
Last Modified: 12 Jun 2021 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics