Efektifitas penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas III MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak tahun 2015/2016
Hidayati, Nur (2016) Efektifitas penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas III MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak tahun 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (296kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) kelas III MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak? (2) Bagaimana efektifitas penarapan model pembelajaran TTW dalam mata pelajaran BTA sehingga mampu meningkatkan kemaampuan membaca dan menulis al-Qur’an kelas III MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) efektif terhadap peningkatan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an pada peserta didik kelas III MI Miftahussalam 1 Wonosalam Demak Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini mengambil seluruh kelas III yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III-A dengan jumlah siswa 32, dan kelas III-B dengan jumlah siswa 27. Dari sejumlah populasi sebanyak 59 siswa, dalam penelitian ini, penulis mengambil seluruh jumlah populasi yaitu 59 siswa. Suharsimi Arikunto menyatakan jika subjeknya kurang dari 100, maka lebih baik diambil semuanya sehingga yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 cara yaitu, dengan metode tes, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Dari perhitungan uji normalitas kelas eksperimen diperoleh χ^2hitung (5,459) < χ^2 tabel (7,815) sehingga berdistribusi normal. Sedangkan kelas kontrol diperoleh χ^2hitung (6,145) < χ^2tabel (7,815) sehingga data hasil penelitian tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh F hitung= 1,682 dan Ftabel = 1,901, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok mempunyai varians yang sama. Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata. Uji normalitas kelas eksperimen diperoleh χ^2hitung (1,292) < χ^2tabel (7,815), sehingga berdistribusi normal. Sedangkan kelas kontrol diperoleh χ^2hitung (4,746) χ^2 tabel (7,815), sehingga data hasil penelitian tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,161 dan F tabel = 1,901, dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok tersebut mempunyai varians yang sama.
Sedangkan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh t hitung = 4,891 dan t tabel = 1,671. Kemudian untuk uji perbedaan dua rata-rata diketahui besarnya rata-rata kelas eksperimen adalah 77,69 dan rata-rata kelas kontrol adalah 68,37. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada rata-rata kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Ridwan, M. Ag.; Lutfiyah, M.S.I. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Kemampuan baca-tulis Al-qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 04:01 |
Last Modified: | 07 Feb 2017 04:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6405 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year