Penanaman nilai-nilai Dharma Pramuka pada siswa SD Islam Imama Semarang (analisis bimbingan keagamaan Islam)
Setyawan, Agus (2016) Penanaman nilai-nilai Dharma Pramuka pada siswa SD Islam Imama Semarang (analisis bimbingan keagamaan Islam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (880kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (373kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (493kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (249kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (146kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (207kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (777kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penanaman nilai-nilai darma pramuka pada siswa SD islam Imama Semarang. Kajian ini di latar belakangi oleh Analisis Bimbingan Keagamaan Islam yang memiliki hubungan dalam pembentukkan akhlaqul karimah dalam kehidupan sehari-hari dan memahami tentang nilai-nilai
keagamaan serta problematika yang dihadapi dalam proses pembentukkan akhlak peserta didik dari perencanaan yang berpusat pada anak. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai
darma pramuka pada siswa SD Islam Imama Semarang? 2) bagaimana analisis bimbingan keagamaan Islam terhadap penanaman nilai-nilai darma pramuka pada siswa SD Islam Imama? Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentas. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan data. Hasil penelitian di SD Islam Imama Semarang, antara lain (1) Penanaman nilai-nilai darma Pramuka dilakukan dengan praktik langsung didalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan rutin dilaksanakan setiap satu minggu sekalli yang didalamnya para siswa diajarkan dan dibimbing menanamkan nilai-nilai darma Pramuka seperti sholat berjamaah, menyisihkan sebagian uang saku untuk kegiatan sosial saling tolong-menolong mengharga dan menghormati orang lain. (2) Penanaman nilai-nilai darma Pramuka dilihat dari bimbingan keagamaan Islam, siswa dibimbing oleh Pembina untuk menjalankan kehidupan beragama dan menerapkan fungsi bimbingan keagamaan Islam diantaranya: Fungsi Preventif, Fungsi Kuratif, Fungsi Preservatif, Fungsi Developmental. Pembina mempunyai tujuan bimbingan keagamaan Islam membantu dan membimbing siswa menjalankan kegiatan keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Sugiarso, M. Si.; Komarudin, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan kepribadian; Pramuka; Bimbingan keagamaan Islam |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 08 Feb 2017 08:05 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 07:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6422 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year