Pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dan implikasinya terhadap kecerdasan emosional anak tuna netra di SLB ABC SWADAYA Kendal

Farichah, Farichah (2016) Pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dan implikasinya terhadap kecerdasan emosional anak tuna netra di SLB ABC SWADAYA Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (288kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam anak tunanetra di SLB ABC SWADAYA Kendal sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, oleh karena itu peranan guru pembimbing dalam melaksanakan bimbingan dan konseling Islam sangat penting dalam rangka mengefektifkan tujuan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kecerdasan emosional anak tunanetra. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang orang lain (empati), dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data peneliti dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yakni dari guru bimbingan dan konseling Islam dan siswa (anak tunanetra), dan sumber data sekunder dari buku serta literature. Analisis data penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam anak tunanetra di SLB ABC SWADAYA Kendal dilakukan secara rutin setiap hari jam 07.30-08.30. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode langsung dan tidak langsung, selain menggunakan kedua metode tersebut guru pembimbing juga menggunakan metode bina mandiri. Metode ini digunakan agar anak mampu menggunakan kemampuannya sendiri serta mendidik anak untuk lebih mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang dilakukannya. Adapun materi pokok dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dalam membantu mengembangkan kecerdasan emosional anak di SLB BC SWADAYA Kendal antara lain: pemahaman tentang emosi dan prasangka, pengaturan dan penggunaan waktu yang efektif untuk belajar, kegiatan sehari-hari dan waktu senggang, pengembangan tentang karir ke depan, pemahaman tentang pilihan persiapan memasuki pendidikan lanjut. 2). Implikasi bimbingan dan konseling Islam terhadap kecerdasan emosional anak tunanetra antara lain : a). Kemampuan anak tunanetra untuk memahami dirinya. b). Melatih anak tunanetra mengendalikan diri yakni belajar untuk bertingkah laku sesuai dengan tuntutan masyarakat. c). Guru bimbingan dan konseling Islam melatih kemampuan anak tunanetra untuk memotivasi dirinya ketika menghadapi hambatan. d). Guru bimbingan dan konseling Islam melatih anak tunanetra untuk berempati. e). Guru bimbingan dan konseling Islam membantu anak tunanetra untuk menangani emosi dengan baik ketika berhubungan dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Ismawati, M. Ag.; Agus Riyadi, S. Sos. I., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling Islam: Kecerdasan emosional; Anak tuna netra; Sekolah luar biasa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 16 Feb 2017 04:05
Last Modified: 12 Jun 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6448

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics