Analisis pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam mata pelajaran matematika di MA Asy-Syafi’iyah Jatibarang – Brebes

Lutfi, Muhammad (2012) Analisis pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam mata pelajaran matematika di MA Asy-Syafi’iyah Jatibarang – Brebes. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511033_Muhammad_Lutfi]
Preview
Text (SKRIPSI_073511033_Muhammad_Lutfi)
073511033_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of 073511033_Bab1.pdf]
Preview
Text
073511033_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 073511033_Bab2.pdf]
Preview
Text
073511033_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 073511033_Bab3.pdf]
Preview
Text
073511033_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 073511033_Bab4.pdf]
Preview
Text
073511033_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 073511033_Bab5.pdf]
Preview
Text
073511033_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 073511033_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
073511033_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Analisis Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dalam Mata Pelajaran Matematika di MA Asy-syafi’iyah Jatibarang – Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan standar penilaian pendidikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam mata pelajaran matematika dan kendala-kendala yang dialama guru dalam menerapkan KTSP di MA Asy-syafi’iyah Jatibarang – Brebes. Kajiannya dilatar belakangi oleh masih banyaknya hasil belajar matematika peserta didik yang di bawah KKM di MA Asy-syafi’iyah Jatibarang – Brebes dan terendah di daerah sekitarnya. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan metode dokumentasi, angket, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk sekolah di MA Asy-syafi’iyah sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket untuk Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang memperoleh skor 86 dari skor maksimal 88 atau sebesar 97,73% yang berarti pelaksanaan sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Sedangkan pelaksanaan KTSP tentang penilaian dalam mata pelajaran matematika di MA Asy-syafi’iyah masih ada kendala. Kendala yang sangat dirasakan adalah keanekaragaman kemampuan peserta didik pada ranah kognitif, ranah psikomotorik, maupun ranah afektif. Berdasarkan hasil angket pelaksanaan standar penilaian yang disebarkan untuk guru dan peserta didik, diperoleh skor 85 dari skor maksimal 108 atau sebesar 78,7% untuk guru, sedangkan untuk peserta didik diperoleh skor 1464 dari skor maksimal 1760 atau sebesar 83,18%. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan standar penilaian untuk pelajaran matematika di MA Asy-syafi’iyah Jatibarang sudah berjalan dengan baik. Meskipun hasil angket yang diperoleh berbeda antara guru dan peserta didik. Untuk standar penilaian yang masih Jarang dilakukan oleh guru matematika adalah Penilaian aspek psikomotor peserta didik, mendokumentasikan hasil penilaian, perencanaan dan pemilihan teknik penilaian saat menyusun silabus, menginformasikan silabus kepada siswa, dan pemberitahuan tentang prosedur dan pengambilan keputusan kepada siswa
Berdasarkan studi dokumentasi dapat dilihat bahwa di dalam silabus tidak terdapat contoh instrumen untuk setiap kompetensi dasar. Dan jika dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hanya terdapat contoh instrumen penilaian dari aspek kognitif saja sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum dicantumkan. Jadi, berdasarkan hasil angket dan wawancara penilaian di MA asy-syafi’iyah sudah berjalan dengan cukup baik meskipun ada sedikit kekurangan dalam RPP dan Silabus

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP); Mata Pelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 06 Dec 2013 12:39
Last Modified: 05 Jun 2021 04:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics