Analisis strategi pemasaran rumah makan Sambel Layah Cabang Kendal dalam menghadapi persaingan usaha perspektif ekonomi Islam
Samawati, Nurus (2016) Analisis strategi pemasaran rumah makan Sambel Layah Cabang Kendal dalam menghadapi persaingan usaha perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Negeri Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (278kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (270kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (182kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (197kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (102kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (96kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Dalam pemasaran ada strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, promosi, harga, dan tempat. Dari segi bauran pemasaran tersebut Sambel Layah cabang Kendal kurang memerhatikan kebersihan tempat dan pada pelayanannya melakukan sistem baru dengan konsumen membawa sendiri pesanannya sehingga banyak konsumen yang merasa kurang nyaman dengan pelayanan tersebut. Serta dalam promosi Sambel Layah cabang Kendal hanya melakukan penyebaran brosur secara tidak berkala, Sambel Layah cabang Kendal tetap menjadi restoran yang banyak pengunjung. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai strategi pemasaran Sambel Layah cabang Kendal ditinjau dari sisi Ekonomi Islam yang dijabarkan dalam dua permasalahan: 1) Bagaimana strategi rumah makan Sambel Layah cabang Kendal dalam menarik minat membeli konsumen ? 2) Bagaimana strategi pemasaran rumah makan Sambel Layah cabang Kendal untuk menghadapi persaingan pasar dalam perspektif Ekonomi Islam ?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga dapat diperoleh data primer dan sekunder. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori-teori yang ada.
Strategi yang dilakukan Sambel Layah cabang Kendal yaitu bauran pemasaran meliputi produk, promosi, harga, tempat serta melakukan peningkatan pelayanan. Strategi-strategi tersebut dilakukan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran syariah yaitu Siddiq (benar), Amanah, Tabligh, Fathonah. Dalam strategi penyediaan tempat yang kurang bersih Sambel Layah cabang Kendal kurang menerapkan sifat Amanah. Pelayanan yang dilakukan Sambel Layah cabang Kendal kurang memerhatikan karakteristik pemasaran syariah yang Humanistis artinya saling menghormati antara sesama, terlebih lagi dengan konsumen dengan menganggap bahwa konsumen adalah Raja. Dalam menghadapi persaingan pasar, Sambel Layah cabang Kendal lebih memerhatikan internal perusahaan dengan melakukan perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Hal tersebut berarti sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah antara lain Ketuhanan (Rabbaniah), Etis (Akhlaqiah), dan Humanistis (Al-Insaniyah).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Nur Fatoni, M. Ag.; Choirul Huda, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Persaingan usaha; Rumah makan; Ekonomi Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 16 Mar 2017 07:11 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 10:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6550 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year