Analisis bauran pemasaran (marketing mix) syari’ah pada home industry kelompok usaha bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo
Alimah, Siti Nur (2016) Analisis bauran pemasaran (marketing mix) syari’ah pada home industry kelompok usaha bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (694kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (354kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (662kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (392kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (446kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (93kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (218kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya adalah home industy yang bergerak dibidang makanan ringan tradisional. Meskipun kelompok ini baru berdiri secara resmi selama 4 tahun, namun penjualan produknya meningkat pesat daritahun ketahun. Keberhasilan kucai jaya dalam meningkatkan penjualan tidak terlepas dari keberhasilan Kucai Jaya dalam meningkatkan penjualan tidak terlepas dari strategi bauran pemasaran. Opak adalah produk utama yang dihasilkan oleh kelompok usaha bersama (KUB) Kucai Jaya. Sering berjalanya waktu, Kucai Jaya telah melakukan inovasi terhadap produknya. Pemasaran produk yang dilakukan Kucai Jaya
Bauran Pemasara Marketing Mix yaitu perpaduan komponen pemasaran yang melalui dengan 4P yaitu: produk, place, price, promotion maka dari itu peneliti tertarik untuk mempelajari pokok permasalahan analisis bauran pemasaran Marketing Mix pada home industri Kucai jaya kalibeber Wonosobo dalam persepektif syariah
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mengambil objek di Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis Bauran Pemasaran Marketing Mix Syariah pada Home Industri KUB Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo.
Penelitian ini menghasilkan Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat di simpulkan bahwa Bauran Pemasaran Marketing Mix 4p yaitu: produc. Produk yang ditawarkan adalah bermutu dan halal , varian menyesuaikan masyarakat (meningkat) dari tahun ketahun, place. Tempat bersih, nyaman, sehat, dekat dengan pasar. Price, Harga sesuai dengan kesepakatan kelompok tidak mengandung Riba. promotion. Promosi (efektif) melalui Majalah Peluang Usaha, UMKM, Dinas Perdagangan, Dinas Koprasi, Lewat Siaran TVRI, Mengikuti Even-even, Mount by Mount. Karakteristik islam yang diterapkan Kucai jaya adalah: 1) Kejujuran, banyak pedagang melakukan kejujuran dengan menjelaskan baik buruknya barang. 2) Amanah (Tangungjawab), dapat dipercaya dalam kualitas produknya sudah mendapat sertifikat halah dari MUI. 3). Tidak Menipu, tidak melakukan penipuan pada pelangan dalam harga. Harga sudah ditetapkan sesuai ketetapan kelompok. 4). Menepati Janji, kucai jaya menepati janji kepada Allah dan menepati janji kepada semua konsumen jika barang rusak bisa dikembalikan. 5). Murah Hati, dalam pelayanan yang baik dan menerapkan 5S. Senyum, Salam, Sopan, Sapa, dan Santun. 6). Tidak Lupa Ahirat, Kucai Jaya tidak hanya mementingkan duniawinya saja juga mementingkan ahiratnya juga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran syariah; Bauran pemasaran; Home industry |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 06:18 |
Last Modified: | 20 Nov 2021 02:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6559 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year