Implementasi etika bisnis Islam pedagang sayur di pasar tradisional Mranggen

Hidayat, Taufik Ginanjar (2016) Implementasi etika bisnis Islam pedagang sayur di pasar tradisional Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, Universitasri Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (706kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masyarakat Mranggen adalah penduduknya mayoritas beragama Islam dengan prosentase 99,87%, dan hal ini dipahami bahwa di Mranggen sendiri termasuk salah satu basis penyebar agama Islam di tanah Jawa. Banyak pondok pesantren dan madrasah. Banyak Masyarakat Mranggen Demak yang setiap harinya bekerja sebagai pebisnis atau pedagang, khususnya pedagang sayur di pasar Mranggen Demak yang beragama Islam. Beragam transaksi perdagangan, dari mulai pedagang sayur, pakaian, sembako, makanan, lebih khususnya pedagang sayur dan sebagainya. Transaksi tersebut dimulai dari pukul 06.00 sampai 15.30 WIB.
Pasar Mranggen merupakan area tempat jual beli barang dengan jumlah penjual lebih dari satu baik yang disebut sebagai pusat perbelanjaan, pasar tradisional, pertokoan, pusat perdagangan lainnya. Oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang sayur. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis memilih pasar tradisional Mranggen Demak sebagai objek alasannya karena penulis melihat adanya perilaku pedagang sayur yang tidak sesuai dengan apa yang telah diterapkan dalam etika bisnis Islam seperti tidak jujur, tidak tanggung jawab dan lain sebagainya.
Adapun perilaku yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam berupa riba, gharar, najasy, ijon, dll. dimaksudkan agar produk yang dijualnya bisa laku dan mendapat keuntungan yang tinggi. Rumusan penelitian ini adalah Bagaimanakah implementasi etika bisnis Islam pedagang sayur di pasar tradisional Mranggen Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dengan para pedagang sayur di pasar Mranggen, dan petugas pasar Mranggen. Sementara data sekunder diperoleh dari arsip dokumen pihak pengelola pasar Mranggen. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etika bisnis Islam yang diterapkan pada setiap pedagang khususnya para pedagang sayur di pasar Mranggen Demak adalah yang dipentingkan bukan hanya sebatas keuntungan duniawi saja, akan tetapi kepentingan yang bersifat untuk di akhirat bagi para pedagang sayur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; Pedagang sayur; Pasar tradisional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:30
Last Modified: 08 Dec 2021 09:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6562

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics