Peningkatan hasil belajar Fisika materi mekanika gerak dengan model POE (Predict-Observe-Explain) pada siswa kelas XI MA Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen tahun pelajaran 2015/2016
Ianah, Ianah (2016) Peningkatan hasil belajar Fisika materi mekanika gerak dengan model POE (Predict-Observe-Explain) pada siswa kelas XI MA Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (501kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (173kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (516kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (371kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (575kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (210kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kesulitan dalam pemahaman konsep, pemecahan masalah, penalaran Fisika merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh guru Fisika, oleh karena itu diperlukan pembelajaran dengan suasana belajar aktif, yang salah satunya dengan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada materi pokok mekanika gerak di MA Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen atau tidak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas XI MA Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas XI IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada materi mekanika gerakdi MA Taqwiyatul Wathon Sumberejo Mranggen. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 60 dengan ketuntasan klasikal 56,7%, pada siklus I meningkat menjadi 71,29 dengan ketuntasan klasikal sebesar 74,2%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 78,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Hasil belajar; Fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:05 |
Last Modified: | 22 May 2021 02:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6592 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year