Efektifitas pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media gambar cetak dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Heru Cokro Sinanggul Kabupaten Jepara materi pokok interaksi antar komponen ekosistem
Anam, Muhammad Khoirul (2016) Efektifitas pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media gambar cetak dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Heru Cokro Sinanggul Kabupaten Jepara materi pokok interaksi antar komponen ekosistem. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (495kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (166kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (484kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (364kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (426kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (5kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (217kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis ujiperbandingan 2 rata-rata/bisa disebut uji t-satu pihak (pihak kanan).Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu membandingkan antarakelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VII A dan VIIB.Pengambilan sampel dengan menggunakan tekniksampling purposive. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untukmenjaring data dan observasi.Data yang terkumpul dianalisis denganmenggunakan teknik statistik yang sebelumnya terlebih dahulu dilakukan ujinormalitas dan uji homogenitas.Uji normalitas diperoleh kelompokeksperimen χ2hitung = 9,5783 dan kelompok kontrol χ2hitung= 9, 5793dengan α = 5% dari distribusi chi-kuadrat didapat χ2tabel: 11,07. sehinggaχ2hitung<χ2tabel. Kesimpulan data tersebut berdistribusi normal.
Data hasil posttestdalam penelitian ini tidak di uji homegenitasnya, karena kelas yang digunakansebagai sampel sudah homogen. Hal itu terbukti bahwa sebelum melakukantreatmen, peneliti telah melakukan pengujian homogenitas dengan menggunakandata nilai ulangan materi sebelumnya, yaitu di peroleh F hitung: 1,58 dengan a =5% dengan dkpembilang = nb- 1 = 25 - 1 = 24 dan dkpenyebut = nk – 1 = 27 - 1 = 26diperoleh F tabel2,22. Sehingga F hitung<F table.Kelas tersebut bersifat homogen. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisisuji t. Uji t dilakukan untuk membandingkan hasil post test antar kelompokeksperimen dan kelompok kontrol untuk melihat tingkat keberhasilan suatumetode, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari hasil tes yang telahdilakukan diperoleh hasil rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen adalah74,60 sedang rata-rata kelompok kontrol adalah 58,52.
Hasil uji percobaansatu pihak, yaitu pihak kanan diperoleh thitung = 7,315 dan ttabel = 2,0086, berarti thitung> ttabel, sehingga Ho diterima. Dilihat dari hasil akhir dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kedua kelompok berbeda secara nyata dan signifikan, yaitu kelompokeksperimen memperoleh data hasil lebih baik dari kelompok kontrol.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima dikarenakanpenggunaan model pembelajaran TGT menggunakan media gambar cetak efektifdalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIMTs Heru Cokro Sinanggul Kabupaten Jepara materi pokok interaksi antar komponen ekosistem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Teams Games Tournament (TGT); Media pembelajaran; Hasil belajar Biologi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 25 Mar 2017 02:17 |
Last Modified: | 20 May 2021 03:33 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6594 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year