Studi komparasi hasil belajar IPA terpadu antara media pembelajaran gambar dua dimensi dan gambar tiga dimensi materi sistem gerak pada manusia kelas VIII siswa MTs Nurul Ulum Warureja Tegal
Labibah, Siti Atiqotul (2016) Studi komparasi hasil belajar IPA terpadu antara media pembelajaran gambar dua dimensi dan gambar tiga dimensi materi sistem gerak pada manusia kelas VIII siswa MTs Nurul Ulum Warureja Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (606kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (229kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (690kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (393kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (392kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (154kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (209kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Nurul Ulum Warureja Tegal, yang terdiri dari 80 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen I dari kelas VIIIA sebanyak 40 peserta didik dan kelompok eksperimen II dari kelas VIIIB sebanyak 40 peserta didik.
Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan tes. Data kemampuan awal yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik uji normalitas, uji homogenitas (uji kesamaan dua rata - rata kelas). Sedangkan data post-test yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik F, uji normalitas dan perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II dengan analisis uji t dua pihak.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa: rata-rata hasil belajar pada materi sistem gerak pada manusia dengan media Gambar dua dimensi adalah sebesar 70,75 sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan Gambar tiga dimensi adalah sebesar 72. Dari uji hipotesis menggunakan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji t-test dihasilkan thitung sebesar -0,731. Setelah thitung dikonsultasikan dengan ttabel menggunakan taraf signifikan α = 5% = 1,96, diketahui bahwa thitung kurang dari ttabel , karena sudah mencapai KKM 70 dan ketuntasan klasikal 75%, namun hasil rata – rata hasil belajar dengan kedua media tersebut sudah cukup baik, maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II identik, dan terlihat bahwa hasil belajar antara kedua kelompok tidak berbeda secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Media pembelajaran; Hasil belajar; IPA terpadu |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 25 Mar 2017 02:28 |
Last Modified: | 20 May 2021 03:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6595 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year