Efektifitas pembelajaran sains berpendekatan inquiri terbimbing terhadap hasil belajar Biologi pada pokok bahasan bahan kimia dalam kehidupan peserta didik kelas VIII MTs Al Islam tahun ajaran 2015/2016

Setiawan, Andica Budi (2016) Efektifitas pembelajaran sains berpendekatan inquiri terbimbing terhadap hasil belajar Biologi pada pokok bahasan bahan kimia dalam kehidupan peserta didik kelas VIII MTs Al Islam tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (839kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran inquiri terbimbing dengan teknik pola pre-eksperimental. Penelitian pre-eksperimental dengan suatu study kasus tunggal. Studi kasus tunggal adalah penelitian yang hanya melihat hasil perlakuan pada suatu kelompok pembanding ataupun kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIIIB. Masing-masing kelas diberi perlakuan berbeda .Kelas eksperimen dikenai pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran sains berpendekatan inquiri terbimbing sedangkan kelas kontrol dikenai pembelajaran dengan metode ceramah.
Berdasarkan hasil uji kesamaan dua rata-rata antara kelas Berdasarkan hasil uji kesamaan dua rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan uji satu pihak yaitu uji pihak kanan. Hasil dari analisis diperoleh dan , dengan demikian . Hasil ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran sains berpendekatan inquiri terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran sains berpendekatan inquiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok bahan kimia dalam kehidupan.
Oleh karena itu guru yang memberikan pelajaran sebaiknya mengadakan variasi dalam mengajar. Pembelajaran yang menggunakan media yang tepat dapat memudahkan peserta didik dalam mengingat materi. Guru dapat mengadakan variasi dengan memberikan pilihan cara belajar yang diinginkan peserta didik agar lebih memotivasi dan menghindari kejenuhan pada peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Inquiry terbimbing; Pembelajaran sains; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:29
Last Modified: 20 May 2021 04:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6596

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics