Efektifitas penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi haji mata pelajaran fiqih kelas V di MI Al Hikmah Polaman Mijen Semarang semester genap 2015/2016

Muryanto, Ali (2016) Efektifitas penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada materi haji mata pelajaran fiqih kelas V di MI Al Hikmah Polaman Mijen Semarang semester genap 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (553kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al Hikmah Polman Mijen Semarang mapel Fiqih dengan Materi Haji Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al hikmah P olaman,sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 15 siswa, dan kelas V MI Solahudin Berakas, sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas sebelum diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan model pembelajaran menggunakan audio visual sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t test. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung= 0,286. sedangkan ttabel= 1,701. Karena thitung<ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar fiqih siswa yang diajar dengan model pembelajaran menggunakan audio visual dengan yang diajar dengan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan media audio visual berarti lebih baik daripada hasil belajar dengan pembelajaran konvensional. Jadi pembelajaran dengan model pembelajaran dengan menggunakan media audio visual lebih efektif dari pada konvensonal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Audio visual; Hasil belajar; Fiqih
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:30
Last Modified: 03 Jul 2021 05:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6597

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics