Studi tentang pengaruh aktivitas belajar Aqidah Akhlaq terhadap akhlaq siswa kelas VIII MTsN Pemalang

Mustofa, Rizal Ali (2016) Studi tentang pengaruh aktivitas belajar Aqidah Akhlaq terhadap akhlaq siswa kelas VIII MTsN Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kajiannya dilatar belakangi oleh aktivitas belajar siswa kelas VIII MTsN Pemalang yang berdampak pada akhlak siswa sebagai hasil dari aktivitas belajarnya. Dengan harapan siswa yang aktif dalam pembelajaran aqidah akhlak akan memiliki akhlak yang baik pula. Karena pada umumnya aktivitas belajar mengarahkan pada perubahan perilaku menuju ke arah yang lebih baik. Oleh sebab itu aktivitas belajar aqidah akhlak bertujuan untuk menumbuhkan pola tingkah laku siswa yang lebih komprehensif meliputi, kejiwaan, kecerdasan, penalaran, dan perasaan. Sebab dengan belajar aqidah akhlak berarti siswa seharusnya berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dengan aktivitas belajar aqidah akhlak siswa juga diarahkan menuju keseimbangan antara lahiriah dengan batiniah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII MTsN Pemalang. 2) Untuk mengetahui akhlak siswa kelas VIII MTsN Pemalang. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara aktivitas belajar aqidah akhlak terhadap akhlak siswa kelas VIII di MTsN Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan teknik analisis regresi research (penelitian regresi). Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel acak atau random sampling dengan subyek penelitian sebanyak 62 responden dari jumlah 414 siswa/siswi. Pengumpulan data menggunakan metode angket untuk mencari data tentang aktivitas belajar aqidah akhlak dan akhlak siswa kelas VIII MTsN Pemalang.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistikdeskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas belajar aqidah akhlak siswa kelas VIII MTsN Pemalang termasuk dalam kategori cukup. Hal ini diunjukkan dengan nilai mean atau nilai rata-rata variabel aktivitas belajar aqidah akhlak yang diperoleh dari hasil jawaban responden sebesar 50,5 yang terletak pada interval 48-54. 2) Akhlak siswa kelas VIII MTsN Pemalang termasuk dalam kategori cukup. Ini berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, yakni terdapat nilai mean atau nilai rata-rata sebesar 67,4 yang terletak di antara interval 65-70. 3) Terdapat korelasi positif antara aktivitas belajar aqidah akhlak dengan akhlak siswa kelas VIII MTsN Pemalang. Hal ini dapat dilihat pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 62 siswa rt 5% = 0,24 sedang rxy = 0,543. Pada taraf signifikan 1% dengan jumlah responden 62 siswa diperoleh rt 1% = 0,32 sedang rxy = 0,543 sehingga dengan demikian rxy lebih besar dari rt. Setelah diinterpretasikan antara rxy dan rt pada taraf signifikansi 5% dan 1% rxy lebih besar dari rt hasilnya adalah signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara aktivitas belajar aqidah akhlak dengan akhlak siswa kelas VIII MTsN Pemalang.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara aktivitas belajar aqidah akhlak terhadap akhlak siswa. Bahwa siswa/siswi yang aktif dan paham dalam pembelajaran aqidah akhlak, akan menumbuhkan akhlak/tingkah laku yang baik pula dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga indikator nilai-nilai akhlak dapat diterapkan dan diamalkan dengan baik oleh siswa/siswi di MTsN Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: H. Nasirudin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak siswa; Aqidah akhlaq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:35
Last Modified: 25 Mar 2017 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6603

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics