Analisis nilai-nilai pendidikan dalam hadis riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual (gambar)
Murodhi, Muhamad (2016) Analisis nilai-nilai pendidikan dalam hadis riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual (gambar). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (719kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (363kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (251kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (873kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (461kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (197kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (133kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (671kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak didapati di sekolah-sekolah, pendidik yang kurang maksimal dalam menggunakan fasilitas media pembelajaran yang ada. Banyak pendidik yang hanya mengandalkan ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Padahal tidak semua materi bisa diajarkan melalui ceramah. Sehingga hasil dari proses belajar mengajar kurang maksimal.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa yang dimaksud dengan pendidikan, nilai-nilai pendidikan, belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, dan media pembelajaran? (2) Bagaimana deskripsi hadis riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual (gambar)? (3) Apa saja nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam hadis riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual (gambar)?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: makna pendidikan, nilai-nilai pendidikan, teori belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, media pembelajaran, serta hal-hal yang terkait di dalamnya serta untuk mengetahui deskripsi hadis, ke-hujjahan dan nilai-nilai pendidikan dalam hadis tarbawy tentang penggunaan media pembelajaran berbasis visual (gambar). Permasalahan dibahas dengan menggunakan metode kepustakaan (library research), metode pengumpulan datanya yakni dengan teknik dokumentasi. Data diperoleh dari kitab-kitab hadis beserta syarah-nya, kitab-kitab yang relevan dan buku-buku pendidikan maupun pendidikan Islam. Kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian, hadis tentang media pembelajaran yang ditakhrij oleh imam al-Bukhari riwayat Abdullah bin Mas’ud jika ditinjau dari segi kualitas dapat dinilai memiliki kualitas sahih li-żatihi. Karena sanad dan matan hadis tersebut berkualitas sahih. Kemudian hasil analisis kandungan hadis menerangkan akan pentingnya kreativitas seorang pendidik dalam menggunakan media pembelajaran, dan mengombinasikan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar-mengajar agar pembelajaran lebih efektif dan efisien. Kreativitas seorang guru dalam mengajar juga mengandung nilai ibadah karena merupakan sunah af’aliyah (perbuatan rasul). Selain itu, sebagai seorang pelajar hendaknya harus memiliki sikap zuhud, memiliki cita-cita yang baik dan realistis serta disiplin. Hadis di atas juga mengajarkan bahwa segala sesuatu harus didasari niat karena Allah ta’ala karena semuanya ada karena atas kehendak-Nya.
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang khususnya tentang pentingnya penggunaan media dan metode dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Moh. Erfan Soebahar, M. Ag.; Drs. H. Agus Sholeh, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Hadis; Media pembelajaran; Gambar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 07:57 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 07:57 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6624 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year