Pengaruh pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap religiusitas (keberagamaan) peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017

Khumaeroh, Siti (2016) Pengaruh pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap religiusitas (keberagamaan) peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (642kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memaparkan 3 permasalahan antara lain: (1) Bagaimana pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen? (2) Bagaimana religiusitas peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen? (3) Adakah pengaruh pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap religiusitas (keberagamaan) peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap religiusitas peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana. Subyek penelitian ini sebanyak 30 responden. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa Tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan metode angket untuk mengetahui religiusitas peserta didik. Adapun metode penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam skripsi ini ada 2 macam, yaitu pemahaman mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan religiusitas (keberagamaan) peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Futuhiyyah Mranggen Demak pada kelas XI masuk kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata sebesar 80 dan standar deviasi sebesar 8,97. Sedangkan untuk religiusitas (keberagamaan) peserta didik kelas XI termasuk dalam kategori cukup dibuktikan dengan nilai rata-rata sebesar 83,6 dan standar deviasi 5,95.
Dalam uji koefisien determinasi yang dihasilkan r^2 = 0,538. Ini berarti pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam mempunyai pengaruh sebesar 53,8% terhadap religiusitas (keberagamaan) peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak Tahun Ajaran 2016/2017. Sisanya 46,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara pemahaman mata pelajatran pendidikan agama Islam terhadap religiusitas peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 5% diperoleh harga F_hitung sebesar 32,581. Jika F_hitung ≥ F_tabel maka Ho ditolak, artinya signifikan. Karena 32,581 ≥ 4,20 maka dapat disimpulkan bahwa data bersifat signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam terhadap religiusitas (keberagamaan) peserta didik kelas XI SMA Futuhiyyah Mranggen Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Saifudin Zuhri, M. Ag.; Drs. H. Karnadi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama Islam; Keberagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:00
Last Modified: 06 Apr 2017 07:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6638

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics