Pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik di SMP 29 Al-Azhar BSB Semarang
Pratiwi, Eka Yuli Indra (2016) Pengaruh sarana dan prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik di SMP 29 Al-Azhar BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (654kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (343kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (633kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (792kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (203kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (260kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (6MB) | Preview
Abstract
Masalah yang ada di SMP Al-Azhar 29 BSB Semarang antara lain prestasi belajar peserta didik yang belum maksimal karena masih terdapat sebagian peserta didik yang mendapat nilai dibawah rata-rata, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung proses belajar peserta didik, sarana maupun prasarana yang ada belum dimanfaatkan secara optimal oleh sebagian guru dalam proses mengajar, dan prasarana penunjang kegiatan ekstrakulikuler belum tersedia dengan lengkap. Dalam Proses belajar mengajar sarana dan prasarana belajar sangat dibutuhkan. Permasalahan yang muncul bagaimana pengaruh sarana belajar terhadap prestasi peserta didik, pengaruh prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik dan pengaruh sarana dan prasarana belajar secara bersama-sama terhadap prestasi peserta didik perlu diteliti.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian dipilih dengan teknik random samping yang berjumlah 85 peserta didik dari jumlah populasi 114. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket tertutup dengan menggunakan ceklis yang menggunakan lima pilihan jawaban. angket diolah dan dianalisis menggunakan tekhnik analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tetapi kurang signifikan antara sarana belajar terhadap prestasi peserta didik. Terdapat pengaruh tetapi kurang signifikan antara prasarana belajar terhadap prestasi peserta didik. Terdapat pengaruh tetapi kurang signifikan antara sarana dan prasarana belajar secara bersama-sama terhadap prestasi peserta didik.
Dapat disimpulkan dari hipotesis yang ada sarana dan prasarana belajar mempunyai pengaruh tetapi kurang signifikan terhadap prestasi peserta didik. Pengaruh sarana belajar masih tergolong sedikit maka sarana seperti buku penunjang pembelajaran, media pembelajaran, lcd, perlu ditambah. Prasarana belajar mempunyai pengaruh tetapi kurang signifikan prasarana belajar masih sedikit pengaruhnya oleh karena itu prasarana seperti lapangan olahraga, perpustakaan, dan ruang laboratorium perlu ditambah. Sarana dan prasarana yang ada juga harus dimanfaatkan secara optimal dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Fatkhuroji, M. Pd.; Dr. Hj. Nur Uhbiyati, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas sekolah; Sarana prasarana pendidikan; Prestasi belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.6 Gedung dan bangunan sekolah, fasilitas fisik pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 03:41 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 03:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6668 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year