Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Islam Limpung Batang Tahun Pelajaran 2011/2012

Khasanah, Alfa (2012) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Al-Islam Limpung Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 083111040_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111040_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (907kB) | Preview
[thumbnail of 083111040_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111040_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 083111040_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111040_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 083111040_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111040_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 083111040_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111040_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 083111040_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111040_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 083111040_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111040_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (30kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang kompetensi profesional dan pedagogik terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Islam Limpung Batang tahun pelajaran 2011/2012”.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi ganda. Adapun tempat penelitiannya di MTs Al-Islam Limpung Batang. Data dikumpulkan menggunakan metode: 1) Angket atau kuesioner, yaitu untuk mengumpulkan data tentang persepsi siswa tentang kompetensi profesional dan pedagogik dengan pertanyaan yang berkaitan dengan kompetensi profesional dan pedagogik; 2) Dokumentasi, yaitu untuk mengetahui letak geografis, letak historis, struktur organisasi, keadaan guru dan siswa, keadaan fasilitas di MTs Al-Islam Limpung Batang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kompetensi profesional guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berada dalam kondisi baik, dengan interval 71-73, nilai rata-rata yang diperoleh 72,9; 2) kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits berada dalam kondisi baik, dengan interval 71-73, nilai rata-rata yang diperoleh 72,23; 3) Prestasi belajar siswa MTs Al-Islam Limpung Batang berada dalam kondisi yang baik, dengan interval 71–79 , nilai rata-rata yang diperoleh 73,967. Selanjutnya analisis yang digunakan adalah analisis regresi ganda dan korelasi, hasil analisis menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh positif antara Persepsi Siswa tentang kompetensi profesional dan pedagogik guru mata pelajaran al-Qur’an Hadits terhadap prestasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Islam Limpung Batang tahun pelajaran 2011/2012 ditunjukkan oleh hasil korelasi product moment sebesar rx1y = 0,474. Diperoleh rh = 0,474 > rt = 0,361, berarti hasilntnya signifikan ada korelasi positif antara kedua variabel tersebut. Dalam korelasi parsial dihasilkan korelasi 0,267 sedangkan dari hasil korelasi determinasi yaitu sebesar 26,7%. jadi besar pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional (X1) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 26,7% dan ditunjukkan dengan korelasi product moment sebesar rx2y = 0,512. Diperoleh rh = 0,512 > rt = 0,361, berarti hasilntnya signifikan ada korelasi positif antara kedua variabel tersebut. Adapun dalam korelasi parsial dihasilkan korelasi 0,343 sedangkan dari hasil korelasi determinasi yaitu sebesar 34,3% jadi besar pengaruh antara persesepsi siswa tentang kompetensi pedagogik (X2) terhadap prestasi belajar (Y) adalah 34,3%. Oleh koefisien Ry(1,2) = 0,561 dan koefisien determinasinya Ry2(1,2) = 0,314. Hal ini menunjukkan bahwa 31,4% prestasi belajar siswa ditentukan oleh kompetensi profesional dan pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan hubungan sedang (0,40 – 0,599), sedangkan selebihnya dipengaruhi faktor lain. Adapun signifikansi korelasi dengan uji ‘F’ hasil Fhitung = 6,18 > Ftabel (0,05)(2)(27) = 3,35 berarti signifikan. Selain itu, melalui fungsi taksiran garis regresi Y = 0,276X1 + 0,341X2 + 29,259 hal ini juga ditunjukkan dengan signifikansi garis regresi melaui hitung : 6,18 > tabel 5% (3,35), hitung : 6,18 > reg tabel 1% (5,49). Jika Freg hitung > Freg tabel berarti signifikan.
Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pembaca, mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dalam memberikan motivasi kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan prestasi belajar dan mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang mempunyai kemampuan memadai sesuai dengan bidang studinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Al-Qur’an Hadits; Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:02
Last Modified: 03 Jul 2021 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics