Hubungan antara Intensitas Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dengan Kecerdasan Emosional Siswa MTs Nurul Huda Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2012/2013
Muchit, Muchamad (2013) Hubungan antara Intensitas Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dengan Kecerdasan Emosional Siswa MTs Nurul Huda Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111088_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (3MB) | Preview
083111088_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
083111088_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (155kB) | Preview
083111088_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
083111088_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (139kB) | Preview
083111088_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (14kB) | Preview
083111088_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang hubungan antara intensitas pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kecerdasan emosional siswa MTs Nurul Huda Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang tahun ajaran 2012/2013. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:Adakah hubungan positif antara intensitas pendidikan agama Islam dalam keluarga dengankecerdasan emosional siswa MTs Nurul Huda Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian survei. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik sampling yaitu random sampling dengan tujuan sampel yang dikehendaki dapat diambil secara acak. Subyek penelitian sebanyak 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau questionerkepada 40 responden secara langsung di MTs Nurul Huda. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor.
Penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan positif antaraintensitas pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan kecerdasan emosional siswa MTs Nurul Huda Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan analisis regresi satu prediktor sebesar 8,495 dan db= 38. Berdasarkan tabel regresi diketahui bahwa untuk derajat kebebasan (db) = 38, Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,10 dan 1% = 7,35. Maka nilai Freg sebesar 8,495 lebih besar dari pada Ftabel, baik dari taraf signifikansi 5% maupun 1%. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima.Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) hendaknya orang tua selalu berusaha memberikan perhatian, bimbingan dan sikap yang baik kepada anak-anaknya, (2) perlu dipupuk kerjasama antara sekolah dengan keluarga dalam pembinaan mental berasaskan ajaran Islam agar terwujud kepribadian siswa yang cerdas secara emosi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam; Kecerdasan Emosional; Pendidikan dalam Keluarga |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:08 |
Last Modified: | 11 Dec 2013 05:06 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/674 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year