Pengaruh persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar di kelas Va MIN Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang tahun pelajaran 2015/2016

Khikmawati, Anik (2016) Pengaruh persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar di kelas Va MIN Kalibalik Kec. Banyuputih Kab. Batang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911035_Cover Depan.pdf]
Preview
Text
123911035_Cover Depan.pdf - Cover Image

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of 123911035_BAB I.pdf]
Preview
Text
123911035_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 123911035_BAB II.pdf]
Preview
Text
123911035_BAB II.pdf - Accepted Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of 123911035_BAB III.pdf]
Preview
Text
123911035_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 123911035_BAB IV.pdf]
Preview
Text
123911035_BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of 123911035_BAB V.pdf]
Preview
Text
123911035_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 123911035_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
123911035_Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 123911035_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
123911035_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya fenomena yng
terjadi di era modern ini. Kini banyk orang tua yang sibuk dengan
dunianya mereka dan melupakan tangung jawab untuk selalu
mendampingi perkembangan anak-anak mereka. Sehingga peneliti
merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang persepsi siswa
mengenai lingkungan pendidikan di rumah.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan
tentang bagaimana persepsis siswa mengenai lingkungan pendidikan
yang ada di rumah? dan Apakah ada Pengaruh antara Persepsi Siswa
Mengenai Lingkungan Pendidikan di Rumah terhadap Prestasi Belajar
di Kelas V MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang Tahun
Pelajaran 2015/2016 ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik
analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
V.a MIN Kalibalik, Kec. Banyuputih, Kab. Batang Tahun Pelajaran
2015/2016 . Data yang dikumpulkan dengan metode angket dan
dokumentasi. Angket / koesioner digunakan untuk memperoleh data
tentang persepsis siswa mengenai lingkungan pendidikan yang ada di
rumah, dan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data tentang
hasil prestasi siswa kelas V.a semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian mengenai pengaruh persepsi siswa mengenai
lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar di kelas V
MIN Kalibalik tahun Pelajaran 2016/2016, memiliki dua variabel
1.variabel X (persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di
rumah) nilai mean sebesar 55 dengan standar deviasi sebesar 4,53.
2.variabel Y (hasil presasi belajar di kelas V MIN Kalibalik tahun
pelajaran 2015/2016) nilai mean dari prestasi belajar adalah 77.
ix
Hasil uji keberartian koefisien korelasi diperoleh nilai
Harga ini dikonsultasikan ,
sehingga . Karena , maka ditolak.
Ini berarti koefisien korelasi antara variabel X dan variabel Y
signifikan. Sedangkan, hasil perhitungan koefisien deterinasi
diperoleh nilai . Ini berarti pengaruh persepsi siswa
mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi belajar
dikelas Va MIN Kalibalik tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 39,31%
. Sisanya sebesar 60,69% dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Berdasarkan perhitungan diatas antara pengaruh persepsi
siswa mengenai lingkungan pendidikan di rumah terhadap prestasi
belajar dikelas Va MIN Kalibalik tahun pelajaran 2015/2016, dapat
dilihat bahwa persepsi siswa mengenai lingkungan pendidikan di
rumah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar dikelas Va MIN
Kalibalik tahun pelajaran 2015/2016 yaitu 39,31%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan rumah, prestasi belajar, Madrasah Ibtidaiyah Negeri
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 20 Apr 2017 08:12
Last Modified: 26 Jun 2021 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6751

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics