Efektifitas metode Inside-Outside Circle dengan media gambar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia peserta didik kelas V di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Mila, Anna (2016) Efektifitas metode Inside-Outside Circle dengan media gambar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan Indonesia peserta didik kelas V di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1. COVER.pdf - Cover Image
Download (248kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Accepted Version
Download (276kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Download (703kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Download (456kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (343kB) | Preview
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Download (109kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (211kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan ditempat
pembelajaran berlangsung. Peserta didik cenderung pasif dan hanya
mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran dikelas sangat
tergantung pada arahan guru. Hal tersebut terjadi karena peserta didik
belum mampu diarahkan sebagai subyek pembelajaran. oleh karena itu
peneliti berupaya menggunakan metode Inside-Outside Circle dengan
media gambar agar tercipta pembelajaran aktif, kreatif dan
menyenangkan. Selain itu peserta didik juga dapat mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dengan cara saling bergantian
menyampaikan materi pelajaran dengan teman yang lain. Model
pembelajaran dan media tersebut dirasa cocok dengan materi
proklamasi kemerdeknaan Indonesia kelas V di MI Al-Khoiriyyah 02
Semarang.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan
apakah metode inside-outside circle dengan media gambar efektif
terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi proklamasi
kemerdekaan Indonesia peserta didik kelas V di MI Al-Khoiriyyah 02
Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VA terdiri dari
16 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VB terdiri dari 17
peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara tidak
terstruktur dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas: uji normalitas,
uji homogenitas dan uji-t.
Berdasarkan data nilia pretest pada kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Rata-rata awal kelas kontrol adalah 59,69 dan kelas
eksperimen 58,53. Sedangkan berdasarkan data nilai posttest pada kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata akhir dari kelas kontrol adalah
v
73,44 dan kelas eksperimen 84,71. Sehingga analisis uji kesamaan ratarata
dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang
signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini
ditunjukkan dari thitung = 2,277. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan
ttabel 1,679. Karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pebedaan antara kelas yang pembelajarannya menggunakan metode
inside-outside circle dengan media gambar dengan kelas yang
pembelajarannya menggunakan metode konvensional pada mata
pelajaran IPS materi pokok proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V
di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang. Pembelajaran yang menggunakan
metode inside-outside circle dengan media gambar lebih baik dan lebih
efektif. Selain itu peserta didik juga mampu mengembangkan
kemampuan berkomunikasi dengan teman yang lain. Sedangkan
pembelajaran yang menggunakan metode konvensional peserta didik
hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga proses
pembelajaran memberi kesan yang membosankan bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inside-Outside Circle, mata pelajaran IPS, MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 08:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 06:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6753 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year