Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen kota Semarang tahun ajaran 2015/2016

Fadhillah, Emi (2016) Pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 123911046_COVER.pdf]
Preview
Text
123911046_COVER.pdf - Cover Image

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 123911046_BAB I.pdf]
Preview
Text
123911046_BAB I.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 123911046_BAB II.pdf]
Preview
Text
123911046_BAB II.pdf - Accepted Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 123911046_BAB III.pdf]
Preview
Text
123911046_BAB III.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 123911046_BAB IV.pdf]
Preview
Text
123911046_BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of 123911046_BAB V.pdf]
Preview
Text
123911046_BAB V.pdf - Accepted Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 123911046_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf]
Preview
Text
123911046_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Bibliography

Download (144kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang salah satunya dipengaruhi oleh katerampilan guru dalam mengajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian yang dilaksanakan di MI Al-Hikmah Polaman Mijen Semarang dan mengambil kelas IV sebagai sumber penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Datanya diperoleh dengan cara membagikan angket dan studi dokumentasi.
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran akidah akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016.
Dari hasil perhitungan regresi menunjukan hasil yang signifikan. Hasil perhitungan regesi diperoleh Ftabel = 4,20 dan harga Freg = 29,6673. Jika dibandingkan maka Freg>Ftabel. Hal ini ditunjukan dengan persamaan garis regresi Ŷ=20,764+0,765X dan sumbangan relatif sebesar 51,44%. Sehingga dapat dikatakan bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MI Al-Hikmah Polaman Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik mupun calon pendidik, bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan mengajar; hasil belajar; Kompetensi guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:27
Last Modified: 21 Jul 2021 06:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6779

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics