Efektivitas pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015
Maghfiroh, Lailatul (2016) Efektivitas pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (462kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (293kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (809kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (381kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (288kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (247kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan di kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015 yang menunjukkan bahwa keaktifan dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, karena guru sering memberikan lembaran materi kemudian siswa diminta untuk menulis ulang materi tersebut di buku catatan masing-masing. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasinya adalah kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015, kemudian dengan teknik cluster random sampling diambil 2 kelas yang akan dijadikan sampel yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E sebagai kelas kontrol.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung sebesar 3,184 dan ttabel = 2,000, α = 5%. Karena thitung>ttabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelompok kontrol dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,03 dan rata-rata kelompok kontrol sebesar 68,64. Sehingga penggunaan pendekatan keterampilan proses sains efektif terhadap hasil belajar peserta didik MA Futuhiyyah 2 Mranggen pada materi listrik dinamis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan pembelajaran; Proses sains; Hasil belajar; Pembelajaran Fisika; Listrik dinamis |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 17 May 2017 09:28 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 09:19 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6846 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year