Efektivitas pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015

Maghfiroh, Lailatul (2016) Efektivitas pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan di kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015 yang menunjukkan bahwa keaktifan dan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, karena guru sering memberikan lembaran materi kemudian siswa diminta untuk menulis ulang materi tersebut di buku catatan masing-masing. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran fisika dengan pendekatan keterampilan proses sains efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi listrik dinamis.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasinya adalah kelas X MA Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2014/2015, kemudian dengan teknik cluster random sampling diambil 2 kelas yang akan dijadikan sampel yaitu kelas X-C sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E sebagai kelas kontrol.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung sebesar 3,184 dan ttabel = 2,000, α = 5%. Karena thitung>ttabel berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelompok kontrol dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 81,03 dan rata-rata kelompok kontrol sebesar 68,64. Sehingga penggunaan pendekatan keterampilan proses sains efektif terhadap hasil belajar peserta didik MA Futuhiyyah 2 Mranggen pada materi listrik dinamis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pembelajaran; Proses sains; Hasil belajar; Pembelajaran Fisika; Listrik dinamis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 May 2017 09:28
Last Modified: 15 Dec 2021 09:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics