Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan program Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pokok dimensi tiga kelas X-A MA Al Bidayah Candi Bandungan tahun pelajaran 2014/2015
Prasetyo, Hadi (2016) Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan program Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pokok dimensi tiga kelas X-A MA Al Bidayah Candi Bandungan tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (226kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (645kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (232kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (446kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (96kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (122kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan program Cabri 3D untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pokok dimensi tiga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas X materi dimensi tiga tahun pelajaran 2013/ 2014 yang kurang dari KKM yaitu 75, dimana dari 54 peserta didik kelas X, hanya ada lima peserta didik yang tuntas, sedangkan rata-rata secara keseluruhan adalah 63,06 dengan persentase ketuntasan sebesar 9,26%. Hal ini disebabkan oleh peserta didik yang belum menguasai konsep-konsep dimensi tiga dan kesulian dalam mengabstraksi model atau permasalahan pada dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: apakah penerapan
model pembelajaran discovery learning berbantuan program Cabri 3D dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi pokok dimensi tiga kelas X-A MA Al Bidayah Candi Bandungan Tahun Pelajaran 2014/2015. keberhasilan penelitian
ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar di atas KKM yaitu 75 dan persentase ketuntasan peserta didik pada setiap siklusnya. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X-A MA Al Bidayah Candi Bandungan Kabupaten Semarang
tahun pelajaran 2014/ 2015 sebanyak 20 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif serta menentukan rata-rata hasil belajar dan
persentase ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar dari siklus I ke siklus II
meningkat dari 63,89 ke 83,13 atau sebesar 19,24 poin dan ketuntasan belajarnya meningkat dari 38,89% ke 80% atau sebesar 41,11%. Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan program Cabri 3D dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Namun tidak serta merta dapat
meningkatkan hasil belajar, karena hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pengelolaan kelas, kemampuan peserta didik, konsentrasi peserta didik, ketelitian, dan sebagainya. Sehingga disarankan kepada guru agar melakukan
pembelajaran inovatif, bervariasi, dan memanfaatkan media dalam menunjang proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Lulu Choirunnisa, S. Si., M. Pd.; Wenty Dwi Yuniarti, S. Pd., M. Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Discovery Learning; Media pembelajaran; Hasil belajar; Pembelajaran matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 19 May 2017 08:03 |
Last Modified: | 19 May 2017 08:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6857 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year