Pengaruh Modalitas Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV-V SD Sidorejo 03 Brangsong Kendal
Muam, Cahyaning Hidayah (2013) Pengaruh Modalitas Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV-V SD Sidorejo 03 Brangsong Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111140_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (3MB) | Preview
083111140_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
083111140_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (159kB) | Preview
083111140_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (79kB) | Preview
083111140_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
083111140_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
083111140_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (24kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IV-V SD Sidorejo 03 Brangsong Kendal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan-perbedaan belajar setiap siswa, setiap siswa tentu memiliki cara tersendiri dalam belajar sehingga apa yang dipelajari akan mudah dimengerti. Sehingga setelah siswa tersebut mengetahui modalitas dalam belajarnya akan dapat belajar secara maksimal dan hasil belajarnya pun akan maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa modalitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IV-V SD Sidorejo 03 Brangsong Kendal? Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar PAI siswa Kelas IV-V SD Sidorejo 03 Brangsong Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tehnik analisis data deskriptif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis korelasi product moment. Variabel Independen dalam penelitian adalah modalitas belajar sedangkan VariabelDependen adalah hasil belajar PAI siswa kelas IV-V. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi yang berfungsi untuk melengkapi hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Modalitas belajar siswa dalam kategori “sedang” yaitu pada interval 64-72 dengan rata-rata 67,96. Hasil belajar PAI siswa kelas IV-V termasuk dalam kategori “sedang” yaitu pada interval 71- 78 dengan rata-rata 74,75. Ada pengaruh positif antara modalitas belajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas IV-V. Penghitungan selanjutnya diperoleh r= 0,478 dan KP= 22,84%. Setelah diketahui bahwa variabel X memberikan sumbangan sebesar 22,84% terhadap variabel Y maka dilanjutkan dengan uji signifikansi, diperoleh F hitung = 8,870. Kemudian nilai Fhitung tersebut dikonsultasikan terhadap nilai Ftabel 5% = 4,17dan Ftabel 1% = 7,56. Berdasarkan hal tersebut, dapat dijelaskan bahwa Fhitung>Ftabel pada taraf signifikansi 1% maupun 5% yang besarnya 8,870>7,56> 4,17.
Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara modalitas belajar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas IV-V SD Sidorejo 03 Brangsong Kendal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modalitas Belajar; Hasil Belajar; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:24 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 06:24 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/690 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year