Efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati siswa kelas V MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016
Saqinah, Nor Bilqis (2016) Efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati siswa kelas V MI Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911078_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (707kB) | Preview
123911078_BAB 1 FIX.pdf - Accepted Version
Download (168kB) | Preview
123911078_BAB 2 FIX.pdf - Accepted Version
Download (512kB) | Preview
123911078_BAB 3 FIX.pdf - Accepted Version
Download (516kB) | Preview
123911078_BAB 4 FIX.pdf - Accepted Version
Download (414kB) | Preview
123911078_BAB 5 FIX.pdf - Accepted Version
Download (270kB) | Preview
123911078_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (211kB) | Preview
123911078_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (9MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang efektifitas metode pembelajaran
peer tutoring (tutor sebaya) dalam meningkatkan hasil belajar Al-
Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati kelas V MI MI
Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) efektif dalam meningkatkan
hasil belajar Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Bentuk eksperimen dalam
penelitian ini adalah true eksperimental design (eksperimen betul –
betul) dengan jenis pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan
penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah
seluruh populasi yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas
VB sebagai kelas kontrol.
Data hasil penelitian yang terkumpul, diananlisis dengan
menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis uji . Rata-rata nilai posttest kelompok
eksperimen metode peer tutoring (tutor sebaya) adalah 71,00 dan
kelompok kontrol 61,563. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata
diperoleh dan . Uji menunjukan
bahawa pada penelitian ini , maka, penerapan metode
peer tutoring (tutor sebaya) efektif dalam meningkatkan hasil belajar
Al-Qur’an Hadits materi hukum bacaan mim mati kelas V MI MI
Miftahus Sibyan Tugu Kota Semarang Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor sebaya; Peer Tutoring; Hasil belajar; Al-Qur’an Hadits; Tajwid; Model pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 03:53 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6931 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year