Implementasi pembiasaan berakhlak dalam pembentukan karakter pada siswa kelas 2 di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2015-2016
Rifa’ah, Ulfiana (2016) Implementasi pembiasaan berakhlak dalam pembentukan karakter pada siswa kelas 2 di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun ajaran 2015-2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
1 COVER.pdf - Accepted Version
Download (928kB) | Preview
2 BAB I.pdf - Accepted Version
Download (276kB) | Preview
3 BAB II.pdf - Accepted Version
Download (626kB) | Preview
4 BAB III.pdf - Accepted Version
Download (237kB) | Preview
5 BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (439kB) | Preview
6 BAB V.pdf - Accepted Version
Download (157kB) | Preview
Biblio.pdf - Bibliography
Download (283kB) | Preview
7 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi pembiasaan berakhlak dalam pembentukan karakter siswa. Dalam hal ini pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, karena dengan membiasakan kepada hal yang baik akan memasukkan unsur positif dalam pribadi yang sedang tumbuh dan dapat mendorong siswa untuk menghayati sekaligus mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari sehingga diharapkan siswa dapat membiasakan perbuatan yang baik.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana implementasi pembiasaan berakhlak dalam pembentukan karakter Pada siswa kelas 2 di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang?.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik, bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting) dengan tidak merubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan.
Metode pengumpulan data dalam skripsi ini adalah Pertama, Observasi Partisipatif, sebagai pengamatan dan pencatatan dengan sistematis atas fenomena-fenomena yang diteliti. Namun dalam hal ini peneliti hanya menggunakan alat bantu buku catatan dan kamera, yang nantinya digunakan untuk mencari dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan pembentukan karakter melalui pembiasaan berahklak di MI Al-Khoiriyyah. Metode ini digunakan untuk melihat secara langsung bagaimana kegiatan pembiasaan berakhlak di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang. Kedua, Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi secara langsung dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan kepada responden. Metode wawancara ini digunakan untuk menggali data yang berkaitan dengan kegiatan pembiasaan berakhlak dalam pembentukan karakter pada siswa di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang. Sedangkan objek yang diwawancarai adalah Kepala Madrasah dan Guru Kelas. Ketiga, Dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda, profil kegiatan pembiasaan, buku-buku kegiatan pembiasaan. Metode dokumentasi ini digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan topik kajian yang berasal dari dokumen-dokumen MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang, foto kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan pembiasaan berakhlak di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan model pembiasaan berakhlak dalam pembentukan karakter pada siswa kelas 2 di MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang dilakukan dalam beberapa bentuk, yaitu pembiasaan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT seperti berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, membaca Asma’ul Husna sebelum pembelajaran, membaca surat-surat pendek sebelum pembelajaran, mengikuti sholat dhuha, mengikuti sholat dhuhur berjama’ah, membaca al-Qur’an, dan ikrar talamidz. Pembiasaan hubungannya terhadap diri sendiri pembiasaan yang diterapkan adalah memakai seragam sesuai jadwal, datang lebih awal, menaruh sepatu di tempat yang sudah disediakan, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Pembiasaan hubungannya terhadap sesama pembiasaan yang diterapkan adalah membiasakan melaksanakan hal-hal yang positif untuk berbuat kebaikan, beramal saleh, bertingkah laku sopan dan santun kepada sesama teman, guru, dan semua yang terlibat dalam kehidupan peserta didik baik di sekolah, rumah, maupun masyarakat. Pembiasaan hubungannya pada lingkungan pembiasaan yang diterapkan adalah membuang sampah pada tempatnya dan menggunakan air secukupnya.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi penimba ilmu pada umumnya, serta mahasiswa, mahasiswi dan praktisi pendidikan berada dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang pada Khususnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak; Pendidikan karakter |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 02:53 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 02:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6942 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year