Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Raudlotut Tholibin Bungo Demak Tahun Ajaran 2011/ 2012
Sri, Sri (2012) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTs Raudlotut Tholibin Bungo Demak Tahun Ajaran 2011/ 2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111177_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (559kB) | Preview
083111177_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
083111177_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (245kB) | Preview
083111177_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (57kB) | Preview
083111177_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (103kB) | Preview
083111177_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
083111177_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru akidah akhlak MTs Raudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak tahun ajaran 2011/2012? (2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik MTs Raudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak tahun 2011/2012? (3) Adakah pengaruh kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak terhadap motivasi belajar peserta didik MTs Raudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak tahun ajaran 2011/2012?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan teknik claster sampling dengan menyebarkan angket yang berjumlah 35 soal yang terdiri atas 20 soal untuk persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan 15 soal untuk motivasi belajar peserta didik kepada 36 peserta didik yang diambil dari kelas VIII A.
Adapun teknik yang dipakai dalam pengumpulan data adalah menggunakan angket dan observasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi satu prediktor.
Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian diketahui bahwa, variabel X (kompetensi Pedagogik guru akidah akhlak) menempati kategori sedang, dengan nilai mean 64,5 pada interval 63 – 66 dan variabel Y (motivasi belajar peserta didik ) menempati kategori sedang, dengan nilai mean 50,14 pada interval 47 – 53.
Hasil penelitian menunjukkan taraf signifikansi 5% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N – 2 = 34 diperoleh Ftabel sebesar 4,11 sedang Freg sebesar 7,93. Jika dibandingkan keduanya Freg = 7,93 > Ftabel ( 0,05 ; 1, 34) = 4,11 dengan demikian bahwa variabel kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik MTs Raudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak.
Kemudian pada taraf signifikansi 1% dk pembilang 1 dan dk penyebut = N–2 = 34 diperoleh Ftabel sebesar 7,93 sedang Freg sebesar 7,39. Jika dibandingkan keduanya Freg = 7,93 > Ftabel ( 0,01 ; 1,34) = 7,39 dengan demikian bahwa variabel kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik MTs Raudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak.
Dengan melihat hasil pengujian hipotesis variabel kompetensi pedagogik Akidah Akhlak dan variabel motivasi belajar peserta didik MTs Raudlotut Tholibin pada taraf signifikansi 0, 01 dan 0, 05 keduanya menunjukan hasil yang signifikan, hal tersebut berarti variabel kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi belajar peserta didik MTs Raudlotut Tholibin Bungo Wedung Demak.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru; Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:29 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 06:29 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/697 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year