Implementasi pembelajaran dengan strategi index card match untuk meningkatkan hasil aspek kognitif PKn materi mengenal harga diri di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pelajaran 2015/2016

Sudarsono, Sudarsono (2016) Implementasi pembelajaran dengan strategi index card match untuk meningkatkan hasil aspek kognitif PKn materi mengenal harga diri di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1 halaman depan.pdf]
Preview
Text
1 halaman depan.pdf - Accepted Version

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of 2 BAB I.pdf]
Preview
Text
2 BAB I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3 BAB II.pdf]
Preview
Text
3 BAB II.pdf - Accepted Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 4 BAB III.pdf]
Preview
Text
4 BAB III.pdf - Accepted Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 5 BAB IV.pdf]
Preview
Text
5 BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 6 BAB V.pdf]
Preview
Text
6 BAB V.pdf - Accepted Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 7 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
7 Daftar Pustaka.pdf - Bibliography

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8 lampiran.pdf]
Preview
Text
8 lampiran.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi pembelajaran PKn materi mengenal harga diri pada semester sebelumnya dilakukan dengan metode konvensional. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran tersebut selalu jauh dari yang diharapkan karena masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan. sehingga aktifitas siswa meningkat, salah satunya dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Strategi Index Card Match.
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan hasil aspek kognitif PKn siswa dengan menggunakan Strategi Index Card Match. Penelitian dilaksanakan di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak. dengan subjek pelaku tindakan 1 guru dan objek penerima tindakan adalah 20 siswa kelas III.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan/ tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari acuan nilai kelas III semester I dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 55% yang tuntas dari 20 siswa, dari acuan tersebut guru mengevaluasi pembelajaran, setelah dilakukan tindakan siklus pertama hasil aspek kognitif siswa baru mencapai 65%, sedangkan siklus yang kedua mencapai 85%.
Secara statistik terdapat peningkatan hasil aspek kognitif PKn materi mengenal harga diri pada siklus pertama dan kedua. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil aspek kognitif siswa mapel PKn materi ajar mengenal harga diri di MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak tahun pengajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Pendidikan kewarganegaraan; Index Card Match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Jun 2017 08:29
Last Modified: 08 Dec 2021 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6975

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics