Peningkatan hafalan Al-Qur’an surat-surat pendek pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan strategi MURI-Q di kelas II MI Al Khoiriyyah 1 tahun pelajaran 2016/2017
Lathifah, Siti (2016) Peningkatan hafalan Al-Qur’an surat-surat pendek pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan strategi MURI-Q di kelas II MI Al Khoiriyyah 1 tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Download (674kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (294kB) | Preview
BAB II.pdf - Updated Version
Download (610kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (303kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (527kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi selama ini siswa kelas II MI Al Khoiriyyah 1 cenderung hanya menghafal, meniru dan membaca secara klasikal setiap proses pembelajaran hafalan al-Qur’an sehingga kemampuan siswa dalam menghafal tanpa mereka mengalami sendiri materi yang mereka dapatkan dan tingkat ketuntasan belajar siswa kurang maksimal, dari 20 siswa hanya 10 siswa atau 50% yang bisa menghafal dengan baik dan mencapai ketuntasan yang diharapkan. Untuk menjadikan siswa dapat membaca, menghafal dengan baik dan bersifat kontinyu, salah satu cara yang dilakukan oleh para pendidik Islam mencari cara baru yang dalam mengajarkan al-Qur’an dengan tartil yang lebih praktis dan efektif dengan menerapkan strategi MURI-Q. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Quran Surat-surat pendek dengan strategi MURI-Q di kelas II MI Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun pelajaran 2016/2017?, 2) Bagaimanakah peningkatan hafalan Al-Qur’an Surat-surat pendek pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dengan menggunakan strategi MURI-Q di kelas II MI Al Khoiriyyah 1 tahun pelajaran 2016/2017?.
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran al-Quran Surat-surat pendek dengan strategi MURI-Q di kelas II MI Al Khoiriyyah 1 Semarang tahun pelajaran 2016/2017 dilakukan dengan guru mengajak siswa untuk memerhatikan guru dalam membaca Surat-surat pendek dengan menggunakan 4 nada dan irama, kemudian ditirukan secara bersama-sama, kemudian siswa bekerja dalam kelompok untuk melakukan kerja klasikal baca simak dengan membaca dan menghafal menggunakan 4 nada dan irama secara bergantian, hasil kerja kelompok dipresentasikan dikelas dan kelompok lain mengomentari, guru memberikan applus pada asetiap kelompok dan melakukan tepuk Al-Maun untuk memberikan semangat kepada setiap siswa dalam pembelajaran. 2) Terjadi peningkatan hafalan al-Qur’an Surat-surat pendek pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist dengan menggunakan strategi MURI-Q di kelas II MI Al Khoiriyyah 1 tahun pelajaran 2016/2017, hal ini terlihat dari hasil hafalan siswa per siklus dimana pada pra siklus hanya ada 10 peserta didik atau 50%, Siklus I ada 13 peserta didik atau 65% dan pada siklus II sudah mencapai 18 peserta didik atau 90%, peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa per siklus dimana pada siklus I ada 14 peserta didik atau 70% dan pada siklus II sudah mencapai 17 peserta didik atau 85%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hafalan Al-Qur’an; Metode pembelajaran; Metode hafalan; MURI-Q |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 02:14 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:15 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6981 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year