Pengaruh Penerapan Pemasaran Syari’ah terhadap Minat Anggota Pembiayaan Mudharabah (Study Kasus BMT Nusa Umat Sejahtera Kota Semarang)
Sahara, Imam (2012) Pengaruh Penerapan Pemasaran Syari’ah terhadap Minat Anggota Pembiayaan Mudharabah (Study Kasus BMT Nusa Umat Sejahtera Kota Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
082411029_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
082411029_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
082411029_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (174kB) | Preview
082411029_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (55kB) | Preview
082411029_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (289kB) | Preview
082411029_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
082411029_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Pemasaran Syari’ah adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan penawaran dan pertukaran value, nilai dari suatu inisiator kepada stakeholder, yang didalamnya sesuai dengan akad dan prinsip Islam, artinya bahwa dalam Pemasaran Syari’ah, seluruh proses baik proses penciptaan, proses penawaran, maupun proses nilai (value) tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah yang islami.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan Pemasaran Syari’ah terhadap minat anggota pembiayaan mudharabah di BMT Nusa Umat Sejahtera Kota Semarang,
Metode penelitian yang digunakan adalah : Pertama, penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Kedua, objek penelitian adalah penerapan Pemasaran Syari’ah terhadap minat anggota pembiyaan mudhrabah. Adapun subjek penelitian adalah anggota pembiayaan mudharabah di BMT Nusa Umat Sejahtera Kota Semarang, sebagai unit yang dianalisis. Sampel penelitian sebanyak 50 anggota dengan menggunakan teknik random sampling. Ketiga, untuk menganalisis dapat digunakan alat analisis antara lain: untuk pemasaran syari’ah terhadap minat anggota pembiayaan mudharabah di BMT Nusa Umat Sejahtera Kota Semarang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menguji pengaruh penerapan pemasaran syari’ah terhadap minat anggota pembiayaan mudharabah digunakan analisis regresi linear sederhana. Keempat, Berdasarkan analisis deskriptif prosentase variabel pemasaran syari’ah termasuk kriteria baik (handal) dan variabel minat anggota termasuk kriteria besar dengan pembiayaan mudharabah BMT Nusa Umat Sejahtera Kota Semarang.
Berdasarkan hasil uji t bahwa variabel Pemasaran Syari’ah (X) mempunyai p value (Sig.) sebesar 0,000. Probabilitasnya lebih kecil dari tingkat signifikansi (α) 5% yang berarti ada pengaruh secara signifikan Pemasaran syari’ah terhadap kepuasan minat anggota pembiayaan mudharabah. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa koefisien korelasi dinotasikan dengan (R) besarnya 0,529 yang artinya kekuatan hubungan yang positif antara variabel Pemasaran Syari’ah terhadap minat anggota pembiayaan mudharabah termasuk dalam kategori cukup atau sedang dan koefisien determinasi yang dinotasikan dengan R2 besarnya 0,265 ini berarti variabel minat anggota pembiayaan mudharbah yang dapat dijelaskan oleh variabel Pemasaran Syari’ah (X) yang diturunkan dalam model sebesar 26,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Syari’ah; Mudharabah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:45 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 06:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/713 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year