Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dalam perspektif Islam (study kasus pada Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang)
Zuhri, Saifuddin (2017) Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan dalam perspektif Islam (study kasus pada Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (710kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (352kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (543kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (267kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (291kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (210kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Suatu bisnis tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pemasaran. Sebab, pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaandan pengawasan atas program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar, guna memenuhi kebutuhan perseorangan atau kelompok berdasarkan asas saling menguntungkan, melalui pemanfatan produk, harga, promosi, dan distribusi. Pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaandan pengawasan atas program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar. Demi mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang menerapkan strategi pemasaran dengan media-media promosi demi mendapatkan hasil penjualan yang maksimal. Strategi pemasaran yang diterapkan Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang sebelum septetmber terbilang jumlah penjualan unit terus berkembang, akan tetapi setelah September 2015 mengalami penurunan karena beberapa pengaruh cuaca yang kurang stabil. Hal inilah yang menjadi permasalahan yang penulis urai dalam penelitian ini.
Permasalahan dalam penelitian ini terbatas pada pembahasan bagaimana strategi pemasaran di Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang dan bagaimana strategi pemasaran Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang perspektif Islam
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi serta didukung dengan dokumen-dokumen yang penulis dapatkan dari beberapa sumber.
Hasil penelitian ini adalah nahwa strategi pemasaran yang diterapkan di Yamaha Mataram Sakti Cabang Rembang melalui media iklan berupa pemasangan baliho, spanduk dan penyebaran brosur dan pamflet, selain itu strategi dua arah menggunakan strategi personal selling dan event untuk berinteraksi dengan konsumen secara langsung. Strategi tim marketing yamaha mataram sakti cabang rembang dalam meningkatkan penjualannya masih memegang prinsip syariah sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Hanya saja beberapa kegitan yang bersifat mengibur masih menggunakan hiburan dengan tampilan yang kurang pantas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Hasyim Syarbani, MM.; Mochammad Nadzir, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Volume penjualan; Ekonomi Islam |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 09:02 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 02:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7131 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year