Strategi pengembangan usaha homemade Kefir Khadeejah Rembang
Jannah, Siti Fariatul (2017) Strategi pengembangan usaha homemade Kefir Khadeejah Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (379kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (630kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (313kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (314kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (90kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (145kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (641kB) | Preview
Abstract
Setiap perusahaan membutuhkan strategi untuk mengembangkan usahanya, baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar. Strategi perusahaan untuk mengembangkan usahanya dengan menggabungkan pendekatan pengembangan produk dan strategi pemasaran merupakan sebagai alternatif untuk mencapai tujuan dan berbagai sasaran jangka panjang. Bahkan dapat berkembang hingga menjadi alat untuk menciptakan keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan usaha yang ditempuh Homemade Kefir Khadeejah Rembang dalam mengembangkan produknya, dan strategi pemasaran yang dilakukan Homemade Kefir Khadeejah Rembang dalam memperebutkan pangsa pasar.
Sehingga untuk mengetahui perkembangan usaha Homemade Kefir Khadeejah Rembang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “ bagaimana pengembangan produk yang dilakukan oleh Homemade Kefir Khadeejah Rembang? Dan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Homemade Kefir Khadeejah Rembang?”.
Di dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian lapangan (field reseach) dan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data skunder. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan usaha yang ditempuh Homemade Kefir Khadeejah Rembang melalui beberapa tahapan: 1) Pengembangan dan pengujian produk. Pengembangan produk Kefir Khadeejah dengan cara: a) mengembangkan dan meluncurkan produk baru, b) mengembangkan variasi mutu produk lama, dan c) mengembangkan model dan bentuk-bentuk tambahan terhadap produk lama, 2) Pencarian ide. Pencarian ide didapatkan ketika mengikuti pelatihan dan workshop, 3) Penyaringan ide, 4) Penilaian atau mengukur hasil yang dicapai. Sedangkan strategi pemasaran yang dilakukan Homemade Kefir Khadeejah Rembang dalam merebutkan pengsa pasar adalah bauran pemasaran, unsur yang terdapat dalam bauran pemasaran yang diterapkan oleh Homemade Kefir Khadeejah Rembang adalah: 1) Product. Yang diperhatikan dalam strategi produk adalah service (pelayanan yang baik) yaitu berupa pemberian jasa layanan konsultasi gratis kepada konsumen, konsep produk, merek dagang, kemasan produk, dan kualitas produk. 2) Price. Penentapan harga Homemade Kefir Khadeejah Rembang berorientasi dengan biaya dan penetapan harga dengan orientasi permintaan. 3) Place. Yaitu berhubungan dengan penyaluran produk. Penyaluran produk Homemade Kefir Khadeejah Rembang menggunakan distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. 4) Promotion. Strategi promosi yang digunakan Homemade Kefir Khadeejah Rembang adalah promosi penjualan (sales promotion) yaitu melalui pameran dan penjualan online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan usaha; Homemade; Kefir; Industri rumah tangga |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 08:14 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 07:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7152 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year