Strategi bersaing dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT El Amanah Kendal
Astutik, Rika Puji (2017) Strategi bersaing dalam meningkatkan jumlah nasabah di BMT El Amanah Kendal. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (364kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (240kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (348kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (298kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (185kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (94kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (139kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif seperti sekarang ini setiap Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi ataupun BMT perlu menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang tepat. Jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan suatu UMKM dan koperasi sulit untuk dapat bertahan hidup, apalagi mampu mengungguli para pesaing pesaingnya. Strategi merupakan bagian dari manajemen organisasi yang sangat penting untuk diperhatikan. Alasan peneliti meneliti strategi bersaing dalam meningkatkan jumlah nasabah adalah karena peneliti tertarik dengan metode pemasaran KSPPS BMT El Amanah Kendal, di Kendal banyak lembaga keuangan mikro lainnya yang mengharuskan KSPPS BMT El Amanah bersaing secara kompeten dan menjadikan posisi KSPPS BMT El Amanah sebagai salah satu lembaga keuangan syariah yang harus mampu bersaing secara kompetitif dan memiliki karakter tersendiri dalam bersaing sehingga jumlah nasabah akan semakin meningkat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja keunggulan kompetitif yang dimiliki KSPPS BMT El Amanah, dan bagaimana strategi bersaing KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam meningkatkan jumlah nasabah. Metodologi penelitian yaitu dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang di pakai peneliti adalah dengan cara wawancara, dokumentasi, dan metode analisis data.
Hasil penelitian tentang keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh KSPPS BMT El Amanah kendal yaitu memiliki citra yang baik, produk yang beragam dan inovatif, sistem bagi hasil yang kompetitif dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Strategi bersaing dalam meningkatkan jumlah nasabah KSPPS BMT El Amanah yaitu dengan melakukan pemasaran, selalu meningkatkan pelayanan dan open management terhadap semua anggota.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Johan Arifin, S. Ag., MM. |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Nasabah; Lembaga simpan pinjam; BMT |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 06:31 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 13:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7227 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year