Penerapan Metode Deduktif pada Pembelajaran Nahwu Kelas 5 pada Pondok Pesantren Al-Ishlah, Alislami Assalafi, Mangkangkulon, Semarang (Pembelajaran Fi’il Muta’addi dan Fi’il Lazim)
Purnomo, Yusup (2012) Penerapan Metode Deduktif pada Pembelajaran Nahwu Kelas 5 pada Pondok Pesantren Al-Ishlah, Alislami Assalafi, Mangkangkulon, Semarang (Pembelajaran Fi’il Muta’addi dan Fi’il Lazim). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073211062_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (481kB) | Preview
073211062_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (78kB) | Preview
073211062_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (287kB) | Preview
073211062_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
073211062_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (171kB) | Preview
073211062_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (49kB) | Preview
073211062_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (47kB) | Preview
Abstract
Pembahasan dalam skripsi ini adalah Penerapan metode deduktif pada pembelajaran nahwu kelas 5 pada pondok pesantren al-Ishlah, alislami assalafi, mangkangkulon, semarang (pembelajaran fi’il muta’addi dan fi’il lazim). Tujuannya bagi pondok adalah sebagai materi/dokumen di pondok tersbut, mengambil langkah-langkah pembelajaran yang bisa meningkatkan hasil pembelajaran pada pembelajaran bahasa arab di pondok. Tujuan pembahasan ini bagi para guru pengampu bahasa arab adalah sebagai wawasan tambahan akan ilmu nahwu. Sedangkan bagi murid/santri adalah sebagai wawasan tambahan khususnya pada materi fi’il muta’addi dan fi’il lazim.
Sripsi ini untuk menjawab batasan masalah; Bagaiamana penerapan metode deduktif pada pembelajaran nahwu kelas 5 pada pondok pesantren al-Ishlah, alislami assalafi, mangkangkulon, semarang (pembelajaran fi’il muta’addi dan fi’il lazim). Dalam menjawab batasan masalah tersebut, pembahas mengadakan penelitian di kelas 5 pondok pesantren al-Ishlah. Dari kelas tersebut, dicari data-data yang dibutuhkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif, yakni analisis yang bukan merupakan angka. Analisis ini digunakan untuk mencari makna/ arti dan hubungan antara data satu dengan data lainnya secara sempurna. Dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut; pertama membahas data dari semua sumber-sumber data, baik yang berupa wawancara, hasil observasi maupun dokumen. Kedua mengadakan analisi dengan cara meringkas. Ketiga, menyusun data pada satu kesatuan. Keempat, memberikan tanda pada tiap-tiap data. Kelima, memilih data yang benar dan valid.
Telah pungkasan pembahasan ini dengan kesimpulan; proses pembelajaran pada materi fi’il muta’adi dan fi’il lazim dengan metode deduktif di pondok pesantren al-Ishlah, alislami, assalafiy berjalan dengan baik. Proses pembelajaran terpusat pada seorang guru sebagai penyampai pengetahuan pada murid. Penerapan metode deduktif digunakan oleh guru pengampu pelajaran nahwu dengan cara yang komprehensif dan mudah. Pertama, murid membaca materi pembelajaran dengan maknanya yang berbahasa jawa, sedangkan guru mendengarkan apa yang dibaca murid. Kedua, setelah guru mendengarkan apa yang telah dibaca murid, guru memberikan penjelasan, atau sarah dengan penjelasan yang jelas. Ketiga, guru menjelaskan aqidah hawu secara global sebelum memberikan contoh-contoh dengan bentuk yang terperinci/detail.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Ilmu Nahwu; Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 07:58 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 07:58 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/727 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year