Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah anggota simpanan di KSPPS BMT El Amanah Kendal
Pujiarti, Tutut (2017) Strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah anggota simpanan di KSPPS BMT El Amanah Kendal. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (369kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (344kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (498kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (284kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (281kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (155kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (138kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (347kB) | Preview
Abstract
Koperasi Jasa Keuangan Syari’ah (KJKS) yang sekarang diganti menjadi Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) yang didirikan oleh Bank Muamalat, Pinbuk dan masyarakat sebagai wujud kepedulian dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Kendal. Adapun produk-produk di BMT el Amanah yaitu produk penghimpun dana diantaranya adalah SIMARA (Simpanan Mandiri Sejahtera), SIDIKA (Simpanan Pendidikan Anak), SIDURI (Simpanan Idul Fitri), SIMQURA (Simpanan Qurban Amanah), SIHANUM (Simpanan Haji dan Umrah) dan produk Pembiayaan diantaranya adalah pembiayaan Mudhorobah, Pembiayaan Musyarakah, Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Aji Bitsaman Ajil, Pembiayaan Qardhul Hasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS BMT el Amanah untuk meningkatkan jumlah anggota simpanan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di KSPPS BMT el Amanah Kendal. Data-data yang penulis peroleh melalui wawancara, doumentasi, dan observasi. Serta metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat menunjukan hasil bahwa pemasaran yang dilakukan KSPPS BMT el Amanah untuk meningkatkan jumlah anggota simpanan yaitu melakukan metode silaturahmi dengan menggunakan strategi pengenalan produk, strategi promosi, dan strategi meningkatkan service pelanggan. Dari analisis hasil penelitian, penulis menemukan kesimpulan bahwasanya dalam melakukan strategi pemasaran KSPPS BMT el amanah sudah memberikan strategi yang cukup baik akan tetapi kurangnya pemerataan dalam sosialisasi produk atau jasa di KSPPS BMT el amanah, karena masih kurangnya pemahaman pasyarakat tentang KSPPS BMT el amanah ini. Dalam hal ini KSPPS BMT el Amanah harus mampu mengenalkan atau mensosialisasikan produk dan jasa kepada masyarakat setempat agar masyarakat setempat paham akan keberadaan dan produk serta jasa layanan di KSPPS BMT el amanah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Hasyim Syarbani, MM. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran; Nasabah; Lembaga simpan pinjam |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 05:57 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 04:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7301 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year