Strategi pemasaran pembiayaan rahn di KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang Wonosobo

Aprellyanti, Lery Ika (2017) Strategi pemasaran pembiayaan rahn di KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (787kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (620kB) | Preview

Abstract

KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang Wonosobo merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan menyalurkan dana melalui mekanisme akad rahn. Salah satu produk menyalurkan dana ini yaitu pembiayaan rahn, dan dalam menyalurkan dana memerlukan strategi pemasaran. Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan serta aturan yang memberi arahan kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu ke waktu pada masing-masing tingkatan serta lokasinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa saja yang di terapkan di KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang Wonosobo. Dengan rumusan masalah bagaimana penerapan strategi pemasaran di KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang untuk menggali data-data yang relevan atau sumber data primer dan sekunder, penulis melakukan pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang yaitu dengan promosi langsung dengan masyarakat dalam praktiknya marketing KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang melayani serta mempengaruhi, menawarkan dan mensosialisasikan produknya kepada masyarakat secara langsung. Selain promosi adapula periklanan, media periklanan yang dilakukan oleh KSPPS Marhamah Cabang Kalibawang yaitu dilakukan dalam bentuk brosur, internet, mmt, dan media cetak.
Selain strategi pemasaran ada juga hambatan-hambatan yang dialami oleh KSPPS Marhamah cabang kalibawang diantaranya yaitu tidak adanya pemahaman masyarakat tentang lembaga keungan syariah khususnya KSPPS Marhamah, Masyarakat menganggap bahwa konvensional dengan yang syariah sama saja. Selanjutnya yang menjadi kendala dalam memasarkan produk di KSPPS Marhamah adalah jarak tempuh yang cukup jauh antara satu desa atau kecamatan kedesa lain atau kecamatan lain. Dan yang terakhir adalah kurangnya sumber daya manusia atau marketing yang professional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Hasyim Syarbani, MM.
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Rahn; Pembiayaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 22 Sep 2017 06:58
Last Modified: 04 Jun 2021 13:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics