Optimalisasi metode Qiro’ati untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca Al-qur’an surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara Hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017

Nadhifah, Nadhifah (2017) Optimalisasi metode Qiro’ati untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca Al-qur’an surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara Hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya kelas I SDIT Mutiara Hati Semarang pada mata pelajaran PAI menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik untuk dilakukan dan hasil ulangan harian membaca rata-rata nilai ulangannya di bawah standar ketuntasan karena seringnya guru menggunakan metode ceramah dan sorongan sehingga siswa pasif dalam pembelajaran dan tidak bisa mengetahui perkembangan kemampuannya dalam membaca al-Qur’an.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah optimalisasi metode qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan peserta didik membaca al-Qur’an Surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017?Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi metode qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan peserta didik membaca al-Qur’an Surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil hafalan per siklus dimana pada pra siklus ada 16 peserta didik atau 50%, siklus I ada 22 peserta didik atau 69% dan pada siklus II ada 27 peserta didik atau 84%, hal ini melampaui indikator yang ditentukan yaitu 80% ke atas. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa di mana siklus I ada 20 peserta didik atau 63% dan pada siklus II sudah mencapai 29 peserta didik atau 91%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Agus Khunaifi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Kemampuan membaca Al Qur'an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:04
Last Modified: 27 Oct 2017 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7452

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics