Optimalisasi metode Qiro’ati untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca Al-qur’an surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara Hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017
Nadhifah, Nadhifah (2017) Optimalisasi metode Qiro’ati untuk meningkatkan kemampuan peserta didik membaca Al-qur’an surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara Hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (583kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (514kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (165kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (303kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (175kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (696kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran membaca Al-Qur’an khususnya kelas I SDIT Mutiara Hati Semarang pada mata pelajaran PAI menjadi mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik untuk dilakukan dan hasil ulangan harian membaca rata-rata nilai ulangannya di bawah standar ketuntasan karena seringnya guru menggunakan metode ceramah dan sorongan sehingga siswa pasif dalam pembelajaran dan tidak bisa mengetahui perkembangan kemampuannya dalam membaca al-Qur’an.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah optimalisasi metode qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan peserta didik membaca al-Qur’an Surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017?Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi metode qiro’ati dapat meningkatkan kemampuan peserta didik membaca al-Qur’an Surat Al-Nashr pada mata pelajaran PAI di kelas I SDIT Mutiara hati Semarang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil hafalan per siklus dimana pada pra siklus ada 16 peserta didik atau 50%, siklus I ada 22 peserta didik atau 69% dan pada siklus II ada 27 peserta didik atau 84%, hal ini melampaui indikator yang ditentukan yaitu 80% ke atas. Peningkatan juga terjadi pada keaktifan belajar siswa di mana siklus I ada 20 peserta didik atau 63% dan pada siklus II sudah mencapai 29 peserta didik atau 91%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Agus Khunaifi, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Kemampuan membaca Al Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 02:04 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 02:04 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7452 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year