Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Ngadirgo Mijen Semarang tahun ajaran 2016/2017

Anggraini, Anggraini (2017) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Ngadirgo Mijen Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (717kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (932kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penggunaan media gambar untuk inovasi dalam pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi dilokasi penelitian. Peserta didik yang cenderung aktif namun pasif dalam proses pembelajaran menjadikan proses belajar mengajar kurang efektif. Pembelajaran berlangsung secara konvensional dan cenderung monoton. Karakter peserta didik yang cukup aktif dan tidak mudah dikendalikan membuat proses penyampaian materi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti berupaya menggunakan bantuan berupa media gambar yang diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memfokuskan perhatian peserta didik, serta mengasah kreatifitas dan kerja sama antar peserta didik. Dengan bantuan media gambar serta metode yang tepat dirasa dapat membuat perubahan timbal balik dan hasil pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Ngadirgo Mijen Semarang.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV MI Miftahus Shibyan Ngadirgo Mijen Semarang. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian pengaruh komparasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas IV terdiri dari 45 peserta didik sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas: uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t.
Berdasarkan data nilai pre-test rata-rata awal dari kelas eksperimen adalah 67,7 dan kelas control sebesar 63,3. Sedangkan berdasarkan data nilai post-test didapat nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 78,54 dan nilai control sebesar 74,52 . Analisis awal adalah uji normalitas dilakukan dua kali yaitu setelah pre-tes. Hasil uji normalitas awal kelas eksperimen didapatkan x_hitung=9.83 dan x_tabel=11,07 dan uji normalitas awal kelas kontrol didapatkan x_hitung= 6,17 dan x_tabel= 9,48 . Data dinyatakan normal. Kemudian setelah dilakukan post-tes dilanjutkan dengan uji normalitas akhir. Uji normalitas akhir kelas eksperimen didapatkan x_hitung= 3,66 dan x_tabel=11,1dan kelas control didapatkan x_hitung= 4,31 dan x_tabel=11,07. Data berdistribusi normal. Selanjutnya untuk uji hipotesis dilakukan dengan uji pesamaan rata-rata diperoleh thitung = 1,91 dan ttabel =2,00 dan uji perbedaan rata-rata atau uji hipotesis akhir diperoleh thitung = 1,98 dan ttabel = 1,68 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam kelas IV Miftahus Shibyan Ngadirgo Mijen Semarang. Nilai peserta didik yang menggunakan bantuan media gambar lebih tinggi daripada nilai hasil belajar perserta didik yang tidak menggunakan media gambar atau dengan cara berceramah saja. Disamping itu peserta didik juga diajak untuk mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, bekerja sama, menghargai hak dan kewajiban satu sama lain. Sedangkan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan hanya berceramah, peserta didik hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan hanya membaca dari buku pegangan siswa menjadikan peserta didik mudah bosan dan konsentrasinya teralihkan. Sehingga hasil belajar kurang maksimal dan mudah dilupakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Gambar; Hasil belajar; Ilmu sosial untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 28 Oct 2017 03:55
Last Modified: 05 Jun 2021 05:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7463

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics