Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hafalan surat–surat pendek mapel Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas III MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang
Malik, Malik (2016) Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hafalan surat–surat pendek mapel Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas III MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (599kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (189kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (613kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (404kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (172kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (846kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh selama ini metode yang digunakan di kelas III MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang masih bersifat klasik dengan mengandalkan sorogan sehingga siswa bersifat pasif dan susah memahami materi. Begitu juga media yang digunakan selama ini dalam pembelajaran al-Qur’an Hadits hanya menggunakan media belajar black board dalam menjelaskan materi dan mengajarkan hafalan sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan dan pada akhirnya mempengaruhi hasil hafalannya.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hafalan surat-surat pendek mapel Al-Qur’an Hadist pada siswa kelas III MI Nashrul Fajar Tembalang Semarang?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik setelah diterapkannya metode resitasi dan media audio visual pada materi surat-surat pendek. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada tabel observasi yaitu pada pre elemanary research hanya ada 12 peserta didik atau 48% mengalami kenaikan pada Siklus I ada 17 peserta didik atau 68% dan pada siklus II sudah mencapai 22 peserta didik atau 88%. Begitu juga pada keaktifan belajar mengalami kenaikan tiap siklusnya yaitu pada siklus I ada 16 peserta didik atau 64% yang tuntas dan mengalami kenaiakan pada siklus II yaitu mencapai 23 peserta didik atau 92%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Audio-Visual; Hafalan surat pendek; Baca tulis Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Oct 2017 04:03 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 06:27 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7471 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year