Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound : studi pada kelas IV di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal
Amala, Khusna (2017) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound : studi pada kelas IV di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (675kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (189kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (623kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (194kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (424kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (150kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound (studi pada kelas IV di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal) yang merupakan suatu lembaga penyelenggara pendidikan tingkat dasar dengan konsepnya menggunakan sekolah alam yang didalamnya terdapat kegiatan outbound, sehingga menarik perhatian penulis dalam meneliti internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound di sana khususnya pada kelas IV.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana proses kegiatan outbound dan 2) bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui kegiatan outbound khususnya pada kelas IV yang diterapkan di Sekolah Dasar Alam Auliya Kendal.
Metode penelitian yang dipakai adalah jenis kualitatif deskriptif, dimana penulis membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta-fakta atau fenomena yang diselidiki. Dimana hasil penelitiannya didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh sebuah kesimpulan bahwa 1) proses kegiatan outbound diikuti oleh semua peserta didik dari kelas 1-VI yang mana kegiatannya melalui berbagai tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Sedangkan 2) menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi dan tahap transinternalisasi nilai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan agama Islam; Outbound; Model pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:10 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 03:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7476 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year