Manajemen kenakalan siswa di MA YSPIS (Yayasan Sosial dan Pendidikan Islamiyah Syafiiyah) Rembang
Soimah, Anikotus (2017) Manajemen kenakalan siswa di MA YSPIS (Yayasan Sosial dan Pendidikan Islamiyah Syafiiyah) Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (879kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (145kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (416kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (622kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (91kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (103kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Kenakalan remaja memang suatu hal yang sering kita jumpai setiap hari, sebab kita memaklumi bahwa masa remaja merupakan masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Melalui ketercapaian tujuan pendidikan karakter di sekolah, diharapkan terlahir generasi muda masa depan, khususnya peserta didik yang tidak saja cerdas secara psikomotorik, tetapi juga memiliki keluhuran karakter.
Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu : reduksi data, display data, verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Jenis kenakalan yang terjadi di MA YSPIS Rembang antara lain siswa membolos, keluar masuk madrasah saat jam sekolah, berseragam kurang rapi, memainkan ponsel saat jam sekolah, tidak mengerjakan tugas dari guru. 2) dalam Proses mengatasi kenakalan siswa dilaksanakan melalui perencanaan yaitu dengan cara menerapkan sanksi larangan tata tertib sekolah, sedangkan pelaksanaanya dilaksanakan sesuai sanksi larangan tata tertib sekolah dan evaluasi hasil dari pelaksanaan tersebut berjalan sesuai rencana dan tingkat kenakalan siswa di MA YSPIS Rembang menjadi berkurang.
Kesimpulan: Bahwa manajemen kenakalan dalam mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah di MA YSPIS Rembang mampu merubah perilaku siswa menjadi lebih baik .
Saran: Dalam mengatasi kenakalan siswa hendaknya sekolah menunjuk tim independen penanganan siswa yang bermasalah , serta mengawasi perilaku siwa sehari-hari dan melaporkannya ke kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Fatkuroji, M. Pd.; Mukhamad Rikza, S. Pd. I., MSI. |
Uncontrolled Keywords: | Kenakalan anak; Psikologi pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 04:54 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 04:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7481 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year