Pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan orang tua siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Semarang
Nafisah, Durrotun (2017) Pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan orang tua siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (557kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (98kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (418kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (451kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (648kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (80kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (155kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (4MB) | Preview
Abstract
Kajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya relevansi keahlian antara kesarjanaan dengan bidang studi yang diajarkan. Dari aspek ini pula patut diduga belum optimalnya upaya peningkatan kualitas pendidikan di madrasah ibtidaiyah Darul Ulum Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kualitas layanan pendidikan; (2) Bagaimana tingkat kepuasan orang tua siswa; (3) Bagaimana pengaruh kualitas layanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan orang tua siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 40 orang tua peserta didik. Orangtua atau wali peserta didik dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan hasil kualitas layanan dan tingkat kepuasan. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan sebagai berikut: (1) kualitas layanan pendidikan sebesar 84,25 dikategorikan cukup baik. (2) kepuasan orang tua siswa sebesar 90,7 dikategorikan cukup baik. (3) Dapat diketahui bahwa hasil uji F sebesar 105,214 lebih besar dari Ftabel (4,10) pada taraf signifikansi 5% dan Ftabel (7,35) pada taraf signifikansi 1%. Dengan tingkat korelasi sebesar 0,857 dalam kategori sangat kuat karena berada direntang 0,80 – 1,000. Jika diformulasikan dalam hitungan persen (%) sebesar 73,5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas layanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan orang tua siswa kontribusinya sebesar 73,5% dan sisanya 26,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi fokus pembahasan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan pendidikan; Kepuasan orang tua; Madrasah ibtidaiyah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 05:17 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 02:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7489 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year