Efektifitas penerapan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI al Khoiriyyah 01 tahun pelajaran 2016/2017

Fridayati, Fridayati (2017) Efektifitas penerapan metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V di MI al Khoiriyyah 01 tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 133911003.pdf]
Preview
Text
133911003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan membaca intensif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Al Khoiriyyah 1 Semarang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 16 orang dan kelas VC sebagai kelas kontrol yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa dokumentasi dan tes.

Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperoleh diperoleh nilai rata-rata kelas VB (kelas eksperimen) adalah 87,06 dengan standar deviasi (s) 10,92 sementara rata-rata nilai kelas VC (kelas kontrol) adalah 69 dengan standar deviasi (s) 14,56.

Dari analisis data akhir diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa; Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); Kemampuan membaca intensif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 25 Apr 2018 06:56
Last Modified: 05 Jun 2021 06:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics