Efektivitas penerapan metode cooperative script terhadap memahami teks bacaan kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017
Wijayanti, Sri (2017) Efektivitas penerapan metode cooperative script terhadap memahami teks bacaan kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
133911020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh metode Cooperative Script terhadap memahami teks bacaan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III MI Futuhiyyah Mranggen Demak.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IIIB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa dokumentasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang telah dilakukan diperolehdiperoleh nilai rata-rata kelas III B (kelas eksperimen) adalah 83,85 dengan standar deviasi (s) 9,41 sementara rata-rata nilai kelas IIIA (kelas kontrol) adalah 76,73 dengan standar deviasi (s) 8,71. Dari analisis data akhir diperoleh
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Cooperative script; Ketrampilan membaca |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 25 Apr 2018 07:00 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 03:17 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7638 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year