Efektifitas metode mind map (peta pikiran) dengan media gambar terhadap hasil belajar IPS kelas III semester II materi pokok jenis-jenis pekerjaan di MIN Sumurrejo Semarang tahun pelajaran 2016/2017

Qonita, Hidayati (2017) Efektifitas metode mind map (peta pikiran) dengan media gambar terhadap hasil belajar IPS kelas III semester II materi pokok jenis-jenis pekerjaan di MIN Sumurrejo Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_133911078_Qonita_Hidayati]
Preview
Text (Skripsi_133911078_Qonita_Hidayati)
133911078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektifitas metode Mind Map dengan media gambar terhadap hasil belajar IPS kelas III semester II materi pokok jenis-jenis pekerjaan di MIN Sumurrejo Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang diterapkan di kelas menggunakan metode ceramah dan komunikasi satu arah, sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar kurang optimal.

Penelitian ini adalah penelitian jenis kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di MIN Sumurrejo Semarang . Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen.

Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkah hasil perhitungan t-test dengan taraf signifikansi = 5% diperoleh t_hitung = 3,427 sedangkan t_tabel = 1,627. Karena t_hitung>t_tabel maka H_o ditolak dan H_aditerima yang berarti hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode Mind Map dengan media gambar lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran metode ceramah.

Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 81,481 dan kelompok kontrol =70,156 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Map dengan media gambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS kelas III Semester II materi pokok jenis-jenis pekerjaan di MIN Sumurrejo Semarang Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Mind map; Peta pikiran; Media gambar; Hasil belajar; Pembelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 26 Apr 2018 02:26
Last Modified: 12 Jun 2021 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7650

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics