Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang
Habibi, Achmad (2013) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083311001_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083311001_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (25kB) | Preview
083311001_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
083311001_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (74kB) | Preview
083311001_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (163kB) | Preview
083311001_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (20kB) | Preview
083311001_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (14kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenaipengaruh Kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja guru di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh keberhasilan pendidikan di sekolah sangat menentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana Kepemimpinan kepala sekolah di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang, (2) Bagaimana kinerja guru di SD Islam Banyumanik Semarang,(3) Apakah adapengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang.Penelitian ini merupakan penelitian survei. Dalam penelitian ini, menggunakan teknik sampling yaitu random sampling dengan tujuan sampel yang dikehendaki dapat diambil secara acak. Sampel dalam penelitian ini sebesar 50% dari populasi 62 yakni 31 gurudi SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang.Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau questionerkepada 31 responden secara langsung di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang.Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi satu prediktor.
Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan Kepala sekolah di SD Islam HidayatullahBanyumanik Semarangdalam kategori cukup baik. Hal ini di buktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang kepemimpinan kepala sekolah sebesar 70,48 dan berada pada interval 69-70. (2) Kinerja guru di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarangtermasuk dalam kategori baik.Hal ini di buktikan dengan nilai rata-rata (Mean) hasil angket tentang kinerja guru 65,96 dan berada pada interval 64-69. (3) Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja gurudi SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan analisis regresi satu prediktor sebesar 8,380 dan db= 29. Berdasarkan tabel regresi diketahui bahwa untuk derajat kebebasan (db) =29, Ftabel pada taraf signifikansi 5% = 4,18 dan 1% = 7,60. Maka nilai Freg sebesar 8,380 lebih besar dari pada Ftabel, baik dari taraf signifikansi 5% maupun 1%. Oleh karena itu, hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Adapun, proporsi sumbangan variabel X (Kepemimpinan kepala sekolah) terhadap Y( Kinerja guru) di SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang 22,4%. Sedangkan, 77,6% dipengaruhi oleh faktor lain.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, terutama kepala sekolahdi SD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang dalam rangka meningkatkan kepemimpinan dan kinerja guru di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Sekolah; Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 07:43 |
Last Modified: | 10 Dec 2013 07:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/771 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year