Perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar antara pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) dan pendekatan ekspositori pada peserta didik kelas VII di SMP Hasanuddin 7 Semarang

Wardhani, Isyana laksmita (2017) Perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar antara pendekatan rigorous mathematical thinking (RMT) dan pendekatan ekspositori pada peserta didik kelas VII di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of ISYANA LAKSMITA WARDHANI___123511039.pdf]
Preview
Text
ISYANA LAKSMITA WARDHANI___123511039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman
simbol huruf dan tanda aljabar peserta didik yang diajarkan dengan
pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT),
mendeskripsikan pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar peserta
didik yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, dan mengetahui
perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar yang
signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan
RMT dan pendekatan Ekspositori.
Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods yang
dilakukan di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Pengujian hipotesis dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 peserta didik
yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, sebanyak 24 peserta
didik hanya mampu mencapai level translasi (82,75%), 1 peserta didik
telah mampu mencapai level interpretasi (3,5%), 4 peserta didik
belum mampu memahami simbol huruf dan tanda aljabar (13,79%).
Sedangkan dari 28 peserta didik yang diajarkan dengan
pendekatan RMT, sebanyak 9 peserta didik hanya mampu mencapai
level translasi (32,14%), 6 peserta didik mampu mencapai level
interpretasi (21,42%), 10 peserta didik telah mampu mencapai level
ekstrapolasi (35,71%) dan 3 peserta didik belum mampu memahami
simbol huruf dan tanda aljabar (10,71%).
Dari pengujian hipotesis melalui uji Chi-Square didapat x2
hitung
= 20,39 . Dengan taraf nyata dan dk = (3-1)(2-1)= 2 untuk
distribusi Chi-Kuadrat didapat x2
tabel = 5,991. Kriteria pengujian level
vi
pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar kedua kelas eksperimen
tersebut lebih besar dibandingkan dengan x2
tabel , maka H0 ditolak. Hal
ini memperlihatkan adanya perbedaan level pemahaman simbol huruf
dan tanda aljabar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan
dengan pendekatan RMT dan yang diajarkan dengan pendekatan
Ekspositori.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman
simbol huruf dan tanda aljabar peserta didik yang diajarkan dengan
pendekatan Rigorous Mathematical Thinking (RMT),
mendeskripsikan pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar peserta
didik yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, dan mengetahui
perbedaan level pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar yang
signifikan antara peserta didik yang diajarkan dengan pendekatan
RMT dan pendekatan Ekspositori.
Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods yang
dilakukan di SMP Hasanuddin 7 Semarang. Pengujian hipotesis dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 29 peserta didik
yang diajarkan dengan pendekatan Ekspositori, sebanyak 24 peserta
didik hanya mampu mencapai level translasi (82,75%), 1 peserta didik
telah mampu mencapai level interpretasi (3,5%), 4 peserta didik
belum mampu memahami simbol huruf dan tanda aljabar (13,79%).
Sedangkan dari 28 peserta didik yang diajarkan dengan
pendekatan RMT, sebanyak 9 peserta didik hanya mampu mencapai
level translasi (32,14%), 6 peserta didik mampu mencapai level
interpretasi (21,42%), 10 peserta didik telah mampu mencapai level
ekstrapolasi (35,71%) dan 3 peserta didik belum mampu memahami
simbol huruf dan tanda aljabar (10,71%).
Dari pengujian hipotesis melalui uji Chi-Square didapat x2
hitung
= 20,39 . Dengan taraf nyata dan dk = (3-1)(2-1)= 2 untuk
distribusi Chi-Kuadrat didapat x2
tabel = 5,991. Kriteria pengujian level
vi
pemahaman simbol huruf dan tanda aljabar kedua kelas eksperimen
tersebut lebih besar dibandingkan dengan x2
tabel , maka H0 ditolak. Hal
ini memperlihatkan adanya perbedaan level pemahaman simbol huruf
dan tanda aljabar yang signifikan antara peserta didik yang diajarkan
dengan pendekatan RMT dan yang diajarkan dengan pendekatan
Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Rigorous Mathematical Thinking (RMT); Ekspositori; Aljabar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 512 Algebra and number theory
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 18 May 2018 03:44
Last Modified: 18 May 2018 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics