Astridayani, Amelinda (2017) Analisis kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 31 Semarang pada materi perbandingan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133511092.pdf]
Preview
Text
133511092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berisi tentang deskripsi kemampuan
koneksi matematis peserta didik kelas VII F SMP Negeri
31 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
banyak kajian literatur yang mengungkapkan bahwa
kemampuan koneksi matematis peserta didik masih
rendah. Sedangkan kemampuan koneksi matematis
adalah kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh
peserta didik untuk memahami matematika secara
terintegrasi dengan berbagai konsep-konsep yang ada
di dalamnya. Tanpa adanya kemampuan koneksi
matematis, peserta didik akan kesulitan dalam
mempelajari matematika. Permasalahan kesulitan
belajar matematika juga ditemukan penulis di kelas VII
F SMP Negeri 31 Semarang melalui hasil wawancara
dengan guru mata pelajaran Matematika yang
mengampu di kelas tersebut. Berdasarkan latar
belakang tersebut, maka tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan
koneksi matematis yang merupakan kemampuan dasar
yang harus dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian
adalah peserta didik kelas VII F dengan cara purposive
sampling. Subjek penelitian berjumlah dua peserta didik
yang masing-masing mewakili setiap kategori
kemampuan koneksi matematis.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Beberapa
peserta didik hanya mampu memahami hubungan antar
konsep dalam satu materi matematika untuk
menuliskan yang diketahui dalam soal, namun tidak
sampai pada perhitungan untuk menyelesaikan soal, (2)
Beberapa peserta didik tidak dapat menggunakan
kembali konsep yang telah dipelajari sebelumnya
karena lupa atau pemahamannya pada materi tersebut
kurang sempurna, (3) Beberapa peserta didik yang
tidak dapat menghubungkan antar konsep yang ada,
memilih menggunakan cara manual untuk
menyelesaikan masalah, dan (4) Beberapa peserta didik
memahami konsep dalam matematika, namun tidak
dapat menghubungkannya dengan bidang lain di luar
matematika, sebaliknya terdapat juga peserta didik
yang memahami konsep di luar bidang matematika,
namun tidak dapat menghubungkannya dengan konsep
dalam matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis; Perbandingan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Ihsannudin Ihsannudin
Date Deposited: 25 May 2018 08:10
Last Modified: 25 May 2018 08:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7830

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics